Advertorial

Jangan Terkecoh, Berikut Cara Kenali dan Hindari Penipuan Nomor Halo BCA Palsu

Kompas.com - 24/08/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com – Pada era digital seperti saat ini, smartphone kerap digunakan pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan dengan menggunakan nomor telepon palsu.

Dengan nomor itu, pelaku kejahatan (fraudster) melakukan penipuan dengan mengaku berasal dari instansi, lembaga resmi, perusahaan, staf pemerintah, atau sebagai teman lama korban. Modus kejahatan ini dikenal dengan sebutan fake caller

Salah satu modus penipuan terjadi dengan mengatasnamakan Bank BCA. Melalui telepon, penipu mengaku sebagai pihak resmi dan meminta data pribadi calon korban.

Selanjutnya, mereka akan menggunakan data tersebut untuk mencuri saldo rekening bank. Oleh sebab itu, masyarakat harus waspada agar tak terkecoh dengan fake caller, terutama yang mengatasnamakan pihak Bank BCA.

Agar terhindar dari modus nomor telepon palsu, Bank BCA memberikan sejumlah tip yang perlu dipahami nasabah.

Pertama, jangan menyimpan nomor Halo BCA pada kontak di ponsel sehingga nomor telepon yang masuk bisa terpampang dengan jelas. Sebab, dengan menggunakan fake caller, penipu bisa membuat panggilan masuk bertuliskan “Halo BCA”.

Dengan fake caller, penipu juga bisa menggunakan nomor yang menyerupai nomor resmi Halo BCA dan diberi awalan, misalnya 021500888 atau +621500888. 

Untuk diketahui, layanan resmi call center Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021 atau +62. Sementara itu, nomor resmi WhatsApp Bank BCA adalah 08111500998 yang verified dan bercentang hijau.

Kedua, jangan percaya iming-iming atau berita buruk yang diberikan fraudster terkait rekening atau kartu kredit kamu. Jika mendapatkan informasi tersebut, konfirmasi terlebih dahulu ke Halo BCA.

Ketiga, jangan pernah menginformasikan data pribadi yang bersifat rahasia, seperti nomor kartu, password, personal identification number (PIN), card verification value (CVV), card verification code (CVC), dan one-time password (OTP), kepada siapa pun. Ingat, #DatamuRahasiamu.

Keempat, jika mengalami penipuan atau mendapati aktivitas mencurigakan pada akun rekening, segera hubungi call center Bank BCA pada nomor 1500888 untuk melaporkan penipuan yang kamu alami.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi aplikasi haloBCA yang dapat diunduh di Playstore bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS.

Untuk mengetahui update mengenai modus-modus penipuan perbankan terkini, nasabah bisa #CariTahuBiarAman di www.bca.co.id/awasmodus.

Yuk, sebarkan tip keamanan tersebut kepada orang-orang di sekitar kamu agar terjaga dari modus penipuan tersebut. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com