Advertorial

Kembali Gelar Kegiatan Offline, Intip Semarak Hari Pertama UPH Festival 2022

Kompas.com - 26/08/2022, 19:50 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Setelah dua tahun diadakan secara daring, Universitas Pelita Harapan (UPH) kembali menggelar UPH Festival secara luring atau offline. Gelaran ini diadakan secara tatap muka langsung karena kasus Covid-19 sudah mulai melandai.

UPH Festival sendiri merupakan kegiatan yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru. Pada tahun ini, gelaran tersebut mengusung tema “Change Minds and Hearts” yang diadakan selama tiga hari, yakni mulai Kamis (25/8/2022) hingga Sabtu (27/8/2022). 

Pada acara tersebut, para mahasiswa baru dilantik secara langsung oleh Rektor UPH Dr (Hon) Jonathan L Parapak, MEngSc.

Dalam sambutannya, Jonathan mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa bertemu secara langsung dengan seluruh mahasiswa baru setelah dua tahun hanya bertatap muka secara daring.

Jonathan melanjutkan, pemilihan tema UPH Festival 2022 merupakan hal istimewa. Sebab, lewat tema tersebut, mahasiswa baru akan diantar ke pendidikan yang transformatif, holistis, dan berpusat pada Tuhan.

“Dengan tema ini, kami mengajak para mahasiswa baru untuk terus bertransformasi, mulai dari mind hingga ke heart. Dengan demikian, kita bisa menghadapi tantangan di masa depan. Kami, para senat dan guru besar, telah siap berperan dalam pembelajaran tersebut,” ujarnya dalam pembukaan UPH Festival 2022, Kamis.

Jonathan juga berterima kasih atas antusiasme mahasiswa baru dan orangtua yang memercayakan UPH sebagai tempat memperluas ilmu.

Lebih lanjut, Jonathan menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan pengajar yang kompeten serta fasilitas pendukung yang lengkap untuk memaksimalkan pengalaman belajar di UPH. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa baru sebagai the great achiever.

“Merupakan misi kami untuk menjadikan mahasiswa sebagai pemimpin dan profesional di bidangnya. Mari bersama-sama melakukan yang terbaik untuk dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Jonathan.

Senada dengan Jonathan, Founder UPH Dr (HC) James Riady juga mengajak para mahasiswa baru untuk merepresentasikan tema acara dengan memaknai arah tujuan hidup ketika menjadi mahasiswa UPH.

“Pesan saya, dalami dan bekerja keraslah untuk mengasah talenta unik yang ada dalam diri kalian. Setelah itu, gunakan ilmu yang dimiliki untuk membantu membangun masyarakat,” ujar James.

Sebagai informasi, UPH Festival 2022 juga dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim secara virtual.

Pada kesempatan itu, Nadiem membagikan pesan kepada mahasiswa agar selalu mengasah kemampuan, baik akademik maupun nonakademik, selama menjadi mahasiswa baru.

“Manfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah untuk mengasah kemampuan. Jadikan MBKM sebagai pintu penentu arah berlari kalian di masa depan,” ujar Nadiem.

Adapun acara orientasi mahasiswa baru tersebut berlangsung khidmat dan tertib. Sikap disiplin ditanamkan kepada para mahasiswa baru tanpa perploncoan dan kekerasan. Sebaliknya, sikap tersebut ditumbuhkan melalui kegiatan-kegiatan yang seru, kreatif, dan inspiratif.

Academic Showcase

Mahasiswa Jurusan Pengelolaan Perhotelan UPH dalam Academic Show 

Dok. KOMPAS.com/Siti Sahana Aqesya Mahasiswa Jurusan Pengelolaan Perhotelan UPH dalam Academic Show

Untuk diketahui, UPH berkomitmen memberikan pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk meraih prestasi terbaiknya sehingga bisa menjadi calon pemimpin yang hebat dan berdampak nyata bagi bangsa Indonesia. Kampus ini pun siap menjadi tempat bagi mahasiswa untuk menjadi “The Great Achiever”.

Oleh karena itu, selain menyambut mahasiswa baru, UPH Festival 2022 juga diselingi dengan kegiatan Academic Showcase yang ditujukan untuk siswa sekolah menengah yang sedang mencari tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Lewat kegiatan tersebut, para siswa bisa mendapatkan berbagai informasi seputar program studi dan tahapan pendaftaran yang ditempuh untuk masuk ke UPH. Para siswa juga diajak berkeliling sembari melihat bangunan dan suguhan yang disajikan oleh mahasiswa dari setiap fakultas di UPH.

UPH juga menyelenggarakan seminar “Teachers Seminar and Gathering” bagi para guru yang menghadiri Academic Showcase. Sejumlah pembicara ternama dihadirkan untuk memberikan inspirasi dan menambah wawasan terkait dunia pendidikan untuk guru.

Tak hanya itu, siswa SMA kelas 12 yang mendaftar pada periode penyelenggaraan UPH Festival 2022 bisa menikmati potongan harga hingga 80 persen. Terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapat promo ini.

Bagi siswa kelas 12 yang berminat melanjutkan studi ke UPH, silakan daftarkan diri lewat tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com