Advertorial

Jakarta Cycling Challenge Seri 2 Jadi Wadah Pencarian Bakat Atlet Muda Sepeda dan Forum Komunikasi

Kompas.com - 30/08/2022, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Pengprov ISSI) DKI Jakarta bersama Westbike Messenger (WMS) menggelar Jakarta Cycling Challenge Seri 2 di Jakarta International BMX Stadion dan JIExpo Kemayoran, mulai Sabtu (13/8/2022) hingga Minggu (14/8/2022).

Ajang tersebut terdiri dari tiga subevent yang mewakili tagline “Capaian Prestasi dengan Edukasi dan Komunikasi”, yakni Jakarta Youth Cycling Challenge (prestasi), Jakarta Student Challenge (edukasi), dan Jakarta Community Race (komunikasi).

Adapun Jakarta Youth Cycling Challenge yang diadakan pada Sabtu (13/8/2022) melombakan nomor BMX Race dan MTB XC. Pada Minggu (14/8/2022), subevent ini melombakan nomor Road Rice dan Pushbike).

Kemudian, subevent Jakarta Student Challenge melombakan Sprint Race serta Jakarta Community Race menggelar kompetisi Road Race dan Fixed Gear.

Jumlah peserta pada ketiga subevent tersebut mencapai 228 orang yang berasal dari tim, klub, dan komunitas asal Jakarta.

Ketua Umum (Ketum) Pengprov ISSI DKI Jakarta Novian Herbowo menjelaskan, ajang Jakarta Cycling Challenge Seri 2 merupakan bagian dari upaya pembinaan yang dilakukan oleh Pengprov ISSI DKI Jakarta.

Untuk diketahui, Pengprov ISSI DKI Jakarta telah melakukan pembinaan prestasi yang dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan, mulai dari usia 12 tahun hingga usia 15 tahun dengan Pembina Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB).

“Bahkan, ISSI DKI Jakarta mengadakan seleksi dan degradasi dalam memantau kualitas para atlet POPB tersebut yang masuk ke dalam program Bina Prestasi (Binpres) kami,” tutur Novian dalam siaran Pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Ajang tersebut, imbuhnya, juga merupakan wadah para atlet sepeda Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) DKI Jakarta untuk berlatih melalui perlombaan sebelum berkiprah di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Jakarta Cycling Challenge Seri 2 turut didukung oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, dan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta.

Ketua Panitia Jakarta Cycling Challenge Hendi Rahmat mengapresiasi dukungan dari Disdik DKI Jakarta, khususnya pada subevent Jakarta Student Challenge dengan kriteria peserta pelajar di DKI Jakarta.

“Ke depan, kerja sama dengan Disdik akan terus dikembangkan untuk mencari bakat-bakat baru di sekolah yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta,” ucap Hendi.

Pada kesempatan tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua Umum (Waketum) ISSI DKI Jakarta Farazandi Fidiansyah menyatakan siap mendukung acara yang diadakan Pengprov ISSI Jakarta tersebut.

“Kami mendukung penuh program ISSI DKI Jakarta ini. Program yang bagus untuk talent scouting atlet dan menjadi wadah komunikasi dengan komunitas sepeda di DKI Jakarta,” ujar Farazandi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com