Advertorial

Road Trip Keluarga Aman dan Nyaman Pakai Car of The Year 2022

Kompas.com - 02/09/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com – Bagi masyarakat Indonesia, kepemilikan mobil tak hanya sebagai penunjang mobilitas sehari-hari. Lebih dari itu, mobil juga dapat menjadi sarana transportasi untuk melakukan perjalanan jarak jauh (road trip) bersama keluarga.

Pada hari raya keagamaan, misalnya, mobil menjadi sarana transportasi keluarga untuk pulang kampung antarpulau atau antarprovinsi.

Bahkan, kendaraan pribadi mendominasi perjalanan mudik pada Lebaran 2022. Fakta ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (10/5/2022).

Menurut data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kendaraan yang melintas di jalan tol dari arah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Lebaran 2022 mengalami peningkatan sebanyak 1,7 persen jika dibandingkan Lebaran 2019.

“Kendaraan pribadi mendominasi sekitar 47 persen dari total pergerakan,” ujar Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Pemilihan mobil pribadi untuk bepergian bersama keluarga, baik di dalam kota maupun ke kota-kota sekitarnya, bukan tanpa alasan.

Road trip dengan mobil pribadi dinilai lebih hemat biaya oleh sebagian besar masyarakat. Sebab, ongkos yang dikeluarkan biasanya lebih rendah jika dibandingkan harus bepergian dengan transportasi umum.

Kemudian, masyarakat juga bisa menjangkau berbagai tempat dengan mudah secara fleksibel meskipun jaraknya berjauhan. Hal ini memberikan pengalaman dan keseruan berbeda bagi keluarga.

Mobil dengan ruang kabin luas

Guna mendukung road trip keluarga, pengguna tak hanya membutuhkan mobil dengan kabin luas, tetapi juga ruang kargo untuk membawa koper atau barang.

Keunggulan itu dihadirkan oleh All New Honda BR-V yang meraih gelar Car of The Year 2022 dalam kategori LSUV 7 Seater pada OTOMOTIF Award 2022.

Pengalaman tersebut pun dituturkan tim Kompas Otomotif dalam video berjudul “Tanpa Honda Sensing, All New BR-V Tetap Nyaman Diajak Roadtrip” yang tayang di kanal Youtube Otomotif Kompas.com, Selasa (15/3/2022).

Untuk diketahui, All New Honda BR-V memiliki dimensi bodi yang lebih besar ketimbang BR-V generasi sebelumnya. Adapun dimensi mobil teranyar Honda ini, yakni panjang 4.490 x lebar 1.780 x tinggi 1.685 milimeter (mm) dan jarak sumbu roda depan dan belakang pada kendaraan atau wheelbase 2.700 mm. Dimensi ini membuat All New Honda BR-V memiliki ruang kabin yang lega.

Selain itu, All New Honda BR-V juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi ketimbang BR-V generasi sebelumnya, yakni 220 mm. Sementara, ground clearance BR-V generasi sebelumnya hanya 201 mm.

Hal tersebut membuat All New Honda BR-V cocok untuk perjalanan jarak jauh. Pasalnya, mobil ini dapat mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah banyak tanpa khawatir terjadi gesekan di bagian bawah mobil dengan permukaan jalan.

All New Honda BR-V. 

Dok. KOMPAS.com/ Adityo Wisnu Prabowo All New Honda BR-V.

Adapun All New Honda BR-V hadir dalam empat tipe, yakni All New Honda BR-V tipe S, All New Honda BR-V tipe E, All New Honda BR-V tipe Prestige, dan Honda BR-V Prestige with Honda Sensing.

Dalam road trip itu, tim Kompas Otomotif menggunakan All New Honda BR-V tipe Prestige. Meski bukan tipe tertinggi, All New Honda BR-V tipe Prestige tetap menyuguhkan ketangguhan sport utility vehicle (SUV) dengan kenyamanan multi purpose vehicle (MPV) yang cocok untuk road trip keluarga.

“Salah satu kenyamanan tersebut terlihat pada baris pertama yang nyaman bagi penumpang maupun pengendara. Area ini memiliki ruang kaki dan kepala yang lapang. Dengan demikian, penumpang dan pengendara tidak akan merasa sesak ketika berkendara jarak jauh,” ujar reporter Kompas Otomotif Stanly Ravel dalam video tersebut.

Tak hanya pada baris pertama, low sport utility vehicle (LSUV) berkapasitas 7 orang (7-seater) itu juga memiliki kabin baris kedua dengan ruang kaki lapang, ruang kepala yang nyaman, serta blower air conditioner (AC) di bagian atas.

SUV tersebut juga sudah dilengkapi dengan 2nd Row Seat Armrest. Sandaran lengan ini dapat memberikan rasa nyaman kepada penumpang saat melakukan road trip dengan mobil tersebut. 

Bahkan, All New Honda BR-V Prestige juga nyaman dipakai bagi pengendara yang membawa anak kecil saat road trip. Sebab, kursi baris kedua telah dilengkapi International Standards Organization FIX (ISOFIX).

Sebagai informasi, ISOFIX merupakan fitur bawaan mobil untuk menunjang penggunaan child car seat. Dengan demikian, penumpang anak lebih terjamin keselamatannya. SUV ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan child safety lock agar anak tidak bisa membuka pintu dari dalam saat mobil sedang berjalan ataupun diam.

Sementara pada baris ketiga, penumpang dewasa pun bisa duduk dengan nyaman berkat ruang kepala dan kaki yang lapang.

“Menariknya lagi, sandaran badan pada baris ketiga dapat digeser (sliding) sedikit ke belakang sehingga posisi tubuh tidak terlalu tegak. Perjalanan jarak jauh pun terasa nyaman tanpa pegal,” kata Stanly.

Ruang kargo di belakang All New Honda BR-V juga cukup luas untuk membawa koper atau barang dalam perjalanan jarak jauh. Seperti diketahui, saat momen hari raya, masyarakat Indonesia kerap membawa banyak barang, termasuk oleh-oleh, untuk keluarga di kampung halaman.

Bila membutuhkan ruang lebih luas, kursi di baris ketiga bisa dilipat untuk memuat barang sesuai kebutuhan atau dialihfungsikan sebagai ruang bermain anak saat road trip. Kabin dan bagasi yang dimiliki All New Honda BR-V pun terluas di kelasnya.

Road trip nyaman penuh hiburan

Tak dapat dimungkiri, perjalanan jarak jauh ketika road trip keluarga dapat menimbulkan kejenuhan. Terlebih, jika kondisi jalan cenderung macet.

Guna mendukung perjalanan menyenangkan selama road trip, All New Honda BR-V menyematkan head unit layar sentuh dengan koneksi bluetooth yang dapat mengakses seluruh fitur pada mobil, misalnya hiburan audio dan video.

Honda BR-V Prestige CVT. 

Dok. KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda BR-V Prestige CVT.

Bahkan, pada bagian tengah, All New Honda BR-V juga menyematkan perangkat audio video layar sentuh 7 inci dengan smartphone connection dan hand-free telephone.

Selain itu, power outlet juga disediakan lengkap hingga baris ketiga. Dengan demikian, penumpang di setiap baris bisa mengisi daya (charge) gadget untuk menemani perjalanan penuh hiburan.

Tak hanya itu, mengusung konsep kenyamanan MPV keluarga, Honda juga menyediakan ragam kompartemen yang memudahkan penumpang menyimpan barang bawaan dalam perjalanan.

“Setiap baris, bahkan pada baris ketiga, terdapat cup holder untuk menyimpan minuman selama road trip bersama keluarga,” ujar Stanly.

Itulah berbagai keunggulan yang dihadirkan All New Honda BR-V guna mendukung kenyamanan selama road trip.

Untuk merasakan keamanan dan kenyamanan sebelum road trip keluarga, misalnya pada liburan akhir tahun yang akan tiba beberapa bulan lagi, masyarakat bisa test drive All New Honda BR-V di dealer terdekat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com