Advertorial

Mendagri Dorong Pemprov Gorontalo Tingkatkan Penerimaan PAD

Kompas.com - 03/09/2022, 08:23 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggenjot penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal tersebut disampaikan Mendagri dalam acara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Gorontalo di Hotel Aston Gorontalo, Kamis (1/9/2022).

Mendagri mengatakan, penerimaan PAD yang tinggi menandakan bahwa pemerintah daerah (pemda) bisa membangun wilayahnya secara mandiri. Guna merealisasikan semangat tersebut, Tito meminta kepala daerah setempat untuk mengembangkan kreativitas melalui jiwa kewirausahaan.

"Perlu ada upaya-upaya kreatif pemimpin daerah," ujar Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Lebih lanjut, Tito menjelaskan bahwa upaya tersebut perlu didukung dengan membuka kesempatan usaha bagi pihak swasta secara luas, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, lapangan pekerjaan bagi masyarakat semakin terbuka dan PAD meningkat.

"Perlu mengoptimalkan sektor nonpemerintahan, khususnya investor, melalui kemudahan izin usaha supaya lapangan kerja lebih banyak terbuka," tuturnya.

Tito menegaskan, untuk mencapai hal tersebut, Pemprov Gorontalo harus serius mengalokasikan anggaran pada sektor pendidikan dan kesehatan. Tujuannya agar Provinsi Gorontalo bisa memiliki sumber daya manusia (SDM) yang semakin unggul.

SDM yang berkualitas, lanjut Tito, dapat mendorong dan mengelola berbagai sumber daya yang mampu meningkatkan PAD Pemprov Gorontalo.

"Tolong, program pendidikan dan kesehatan betul-betul difokuskan, baru kemudian SDM bisa mendorong pembangunan daerah yang lebih baik,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com