Advertorial

Bertandang ke Belanda, Erick Thohir: BNI Amsterdam Tangkap Peluang Pasar Global

Kompas.com - 03/09/2022, 17:18 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menangkap peluang dengan mengoptimalkan kekuatan kantor cabang di luar negeri. Upaya ini dilakukan agar bisnis perbankan perseroan terus tumbuh.

Dengan memanfaatkan jaringan internasional, perseroan memboyong nasabah di kancah internasional sekaligus menarik investor ke Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, BNI memiliki tugas untuk membawa pelaku usaha indonesia masuk ke level kompetisi yang lebih tinggi di kancah global.

Hal itu disampaikan Erick dalam kunjungannya ke BNI Representative Office Amsterdam (BNI Amsterdam) di Amsterdam, Belanda, Jumat (2/9/2022).

Tak sekadar pembiayaan, lanjut Erick, BNI juga bertugas melakukan pendampingan berkelanjutan guna memastikan potensi ekspansi internasional digarap secara optimal.

"Kantor representatif BNI Amsterdam merupakan wujud nyata dari BUMN bersama BNI untuk membuat pelaku usaha Indonesia tidak hanya jago kandang," ujar Erick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Lebih lanjut, Erick menyampaikan bahwa BNI dapat mengoptimalkan potensi usaha para diaspora Indonesia di Belanda, khususnya pada bidang kuliner.

Erick menyebut, saat ini, terdapat 420 diaspora Indonesia yang memiliki usaha restoran di Belanda dan membutuhkan banyak dukungan, khususnya dari sisi bahan baku.

Sebagai bentuk dukungan, BNI dapat menghubungkan diaspora pelaku usaha restoran dengan para pemasok bahan baku di Indonesia yang memiliki harga terjangkau.

“Tujuan BNI dengan kantor representatif Amsterdam ini untuk merajut kembali hubungan dengan diaspora yang merupakan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, enggak boleh ditinggalkan," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Corporate and International Banking BNI Silvano Rumantir mengatakan, perseroan berupaya menghadirkan solusi dan layanan yang lebih baik dengan target nasabah domestik dan luar negeri. Pihaknya juga menyempurnakan model operasi untuk meningkatkan produktivitas dan hasil dari mitra BNI.

"Representative Office Amsterdam BNI ini masih baru, tapi kami telah menerima apresiasi dan ajakan kerja sama yang cukup banyak. Kami yakin, kantor ini akan menjadi salah satu engine untuk mendorong kinerja international banking BNI," katanya.

Silvano menambahkan, BNI Amsterdam pada tahap awal fokus melakukan riset pasar, pemetaan bisnis, dan menyediakan layanan dukungan kepada nasabah BNI.

Selain itu, perseroan juga menjalin hubungan serta bertukar informasi dengan lembaga keuangan lain.

“BNI Amsterdam bertugas membantu BNI London dalam mencapai pipeline pinjaman korporasi dan diaspora lokal sekaligus mempromosikan perdagangan dan investasi antara Belanda,” imbuhnya.

Tak hanya itu, BNI Amsterdam juga akan mengadakan acara pertemuan perusahaan dengan BUMN dan kedutaan besar lain di Eropa.

Kantor representatif BNI itu juga akan melakukan banyak kunjungan kepada diaspora Indonesia di negara Uni Eropa selain Belanda untuk memperluas jaringan dan hubungan

"Tentunya, secara bisnis beberapa target yang akan kami capai di awal periode pembukaan ini adalah peningkatan kinerja loan and trade dari korporasi dan diaspora, bisnis matching untuk mitra BNI Xpora, serta meningkatkan bisnis remitansi," jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com