Advertorial

Dilengkapi ColorOS 13, Oppo Find X5 Pro 5G Jadi Bukti Komitmen Oppo akan Produk Berkualitas

Kompas.com - 05/09/2022, 12:10 WIB

KOMPAS.com – Pada 18 Agustus 2022, OPPO resmi meluncurkan ColorOS 13 Global Version yang merupakan sistem operasi terbarunya yang dikembangkan dari Android 13. ColorOS 13 ini merupakan hasil kerja sama dengan Google untuk membangun ekosistem Android yang lebih mutakhir. Oppo Find X5 Pro 5G merupakan smartphone pertama di dunia yang akan menerima update Android 13 Beta.

Untuk diketahui, ColorOS 13 hadir dengan desain Aquamorphic yang terinspirasi dari pesona warna biru air yang mengalir.

ColorOS 13 juga memiliki Theme Palette terinspirasi dari perubahan warna permukaan air laut yang terpapar kilau cahaya antara matahari saat terbit dan terbenam.

Dari segi penggunaan, sistem operasi tersebut hadir dengan user interface (UI) lebih bersahabat lantaran memiliki font yang lebih mudah dibaca dibandingkan sistem sebelumnya.

Selain itu, ColorOS 13 juga memiliki card-styled layout dengan tampilan visual yang lebih ringkas dan enak dipandang.

Tak hanya itu, pengalaman penggunaan ColorOS 13 pun semakin intuitif berkat efek animation engine dengan teknologi behavioral prediction terbaru. Lewat teknologi ini, smartphone jadi bisa memprediksi perilaku pengguna dalam menggunakan perangkat.

Ada juga teknologi Dynamic Computing Engine untuk menghadirkan performa sistem yang lebih mulus, stabil, dan meningkatkan UI secara keseluruhan.

Dynamic Computing Engine.Dok. Oppo Dynamic Computing Engine.

Sebagai informasi, Dynamic Computing Engine mampu meningkatkan masa pakai baterai dan kestabilan sistem saat pengguna membuka banyak aplikasi yang berbeda.

Teknologi tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan hardware sehingga dapat menyeimbangkan performa sistem serta konsumsi daya.

Dengan begitu, pengguna dapat membuka berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan tanpa perlu khawatir ada aplikasi yang tertutup secara tidak sengaja. Teknologi ini juga mampu mengurangi lag saat pengguna harus beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Dapur pacu jempolan

Layaknya smartphone flagship lain, Oppo Find X5 Pro 5G juga memiliki performa jempolan lantaran dapur pacu yang dibekali dengan system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri merupakan penerus dari Snapdragon 888 dan 888+ yang diproduksi oleh Qualcomm. Chipset ini umum digunakan pada smartphone kelas atas.

Seperti diketahui, chipset adalah salah satu komponen penting yang berpengaruh besar terhadap performa sebuah smartphone. Semakin bagus chipset yang dihadirkan, maka semakin gesit pula performa smartphone dalam memproses berbagai aplikasi.

Oppo Find X5 Pro 5G. Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Adapun kinerja dari chipset tersebut juga didukung dengan random access memory (RAM) sebesar 12 gigabita (GB) dan penyimpanan internal 256 GB.

Dari sisi grafis, chipset itu hadir dengan GPU Adreno 730. Kehadiran komponen ini membuat Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 30 persen lebih tinggi dan mampu menghemat daya hingga 25 persen ketimbang generasi sebelumnya.

Kapasitas baterai besar

Untuk melengkapi daftar keunggulan Oppo Find X5 Pro 5G, Oppo menanamkan baterai berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh) pada ponsel tersebut. Komponen ini pun sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC Flash Charging 80 watt dan wireless charging AirVOOC 50 watt.

Dengan dukungan tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G diklaim mampu mengisi daya hingga 50 persen hanya dalam waktu pengisian selama 12 menit.

Untuk mengurangi panas akibat penggunaan yang tinggi, Oppo membekali Find X5 Pro 5G dengan fitur pendinginan Multi-tier Cooling System.

Dari segi suara, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghadirkan pengalaman audio spasial yang imersif dan autentik layaknya hiburan yang lebih nyata berkat kehadiran sistem suara Dolby Atmos.

Itu tadi beberapa keunggulan yang disematkan pada Oppo Find X5 Pro 5G. Berkat segala kelebihan tersebut, tak heran jika sampai saat ini, smartphone tersebut mampu mencuri perhatian pasar industri ponsel pintar.

Bagi yang ingin mengetahui spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G lebih lanjut, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com