Advertorial

BRI Perkuat Kerja Sama dengan Correspondent Banks

Kompas.com - 08/09/2022, 10:48 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berupaya meningkatkan layanan keuangan untuk nasabahnya. Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui kerja sama dengan correspondent banks dalam pertemuan di Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyebutkan bahwa pencapaian positif yang diraih pihaknya merupakan kontribusi nyata kerja sama berbagai transaksi, khususnya treasury & global services yang meliputi bidang treasury business, international business, dan investment services.

Hal itu tecermin dari volume transaksi BRI dengan correspondent banks yang mencapai Rp 5.250 triliun pada 2021. Catur menyampaikan, volume transaksi ini berpotensi tumbuh positif seiring peningkatan kebutuhan layanan tersebut.

Kendati demikian, Catur menekankan bahwa BRI senantiasa memberikan layanan treasury & global services bersama correspondent banks dengan tetap berlandaskan prinsip resiprokal bisnis yang saling menguntungkan.

“BRI berkomitmen secara konsisten melanjutkan kerja sama dengan correspondent banks sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi industri keuangan di Indonesia dan menjadikan BRI Group sebagai top of mind dalam setiap kebutuhan transaksi finansial bagi correspondent banks,” tutur Catur dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Pertemuan kerja sama BRI dengan correspondent banks di Jakarta, Kamis (1/9/2022) 

Dok. BRI Pertemuan kerja sama BRI dengan correspondent banks di Jakarta, Kamis (1/9/2022)

Catur melanjutkan, BRI juga berkomitmen terus menjaga sekaligus meningkatkan kerja sama yang baik dengan correspondent banks. Hal itu dilakukan dengan terus mengeksplorasi dan meningkatkan kualitas transaksi bersama correspondent banks. Upaya ini juga tetap dibarengi dengan menerapkan prinsip environment, social, and governance (ESG) yang mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu, BRI juga aktif sebagai market maker dalam memenuhi kebutuhan nasabah, baik segmen ritel, korporasi, maupun interbank, dalam mendukung keberlanjutan pasar keuangan yang maju, modern, dan transparan.

Lebih lanjut Catur memaparkan, berkat kinerja dalam meningkatkan berbagai pelayanan, BRI mendapatkan pengakuan dari berbagai institusi.

BRI dinobatkan menjadi perusahaan publik terbesar di Indonesia dalam pemeringkatan Forbes 2022 Global 2000 World’s Largest Public Companies in Indonesia.

Pada tahun ini, BRI juga meraih empat penghargaan sekaligus dalam ajang “Global Private Banking Innovation Awards 2022” yang diadakan Global Private Banker.

Bank dengan jaringan terluas di Indonesia itu tercatat meraih penghargaan di kategori Best Bank for Priority Banking, Best Wealth Management for $250k $500k AUM, Best Private Bank for Entrepreneurs, dan Outstanding Private Bank for Growth Strategy. Selain itu, Majalah Investor juga mendapuk BRI sebagai “Investor Best Bank” pada 2022.

Dari segi kinerja, bisnis treasury BRI yang masuk dalam pos pendapatan nonbunga sebesar Rp 1,5 triliun atau 8,50 persen dari total pendapatan nonbunga BRI sebesar Rp 17,53 triliun pada semester I 2022.

Pertumbuhan bisnis treasury BRI tersebut salah satunya disumbang oleh transaksi nasabah yang tumbuh dobel digit. Tercatat, secara tahunan, transaksi nasabah BRI mampu tumbuh sebesar 26,5 persen pada semester I 2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com