Advertorial

Baca Berita Tanpa Iklan, Kompas.com+ Beri Harga Spesial pada HUT ke-27

Kompas.com - 08/09/2022, 19:05 WIB

KOMPAS.com – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sempat membuat bingung masyarakat. Mulanya, pemerintah berencana menaikkan BBM pada Kamis (1/9/2022), tapi kebijakan ini baru diberlakukan pada Sabtu (3/9/2022).

Hal serupa juga terjadi pada wacana kenaikan tarif ojek online alias ojol. Setelah ditunda dua kali pada Agustus 2022, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengumumkan kenaikan tarif ojol pada Rabu (7/9/2022). Aturan ini mulai berlaku pada Sabtu (10/9/2022).

Penundaan kenaikan tarif pun berimbas pada kesimpangsiuran informasi di tengah masyarakat. Selain kenaikan harga komoditas, masyarakat juga harus menghadapi berbagai macam hoaks yang berpotensi memecah belah masyarakat.

Sebagai salah satu media online teratas di Indonesia, Kompas.com senantiasa menyajikan informasi aktual dan tepercaya melalui proses verifikasi jurnalistik yang baik dan benar.

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-27 pada Rabu (14/9/2022), Kompas.com menghadirkan pengalaman membaca berita tanpa iklan melalui Kompas.com+. Selain itu, Kompas.com+ juga menyajikan artikel berita secara ringkas dalam satu halaman.

Untuk menikmati pengalaman itu, pembaca cukup bergabung dengan mendaftarkan diri melalui banner Kompas.com+ yang ada di dalam aplikasi Kompas.com. Pendaftaran juga bisa dilakukan lewat laman plus.kompas.com yang akan mengantarkan pembaca ke langkah selanjutnya.

Sebagai informasi, layanan baru tersebut dapat diakses lewat aplikasi mobile Kompas.com dengan sistem operasi Android dan situs Kompas.com.

Setelah terdaftar, pembaca dapat menikmati pengalaman membaca berita dengan nyaman tanpa iklan, baik melalui aplikasi mobile maupun lewat situs Kompas.com mobile dan desktop.

Bagi pembaca yang ingin segera bergabung, Kompas.com menghadirkan harga promo spesial ulang tahun sebesar Rp 5.000 per bulan untuk tiga bulan pertama. Pada bulan berikutnya, pembaca hanya perlu berlangganan dengan harga Rp 15.000 per bulan.

Promo tersebut diharapkan dapat menjadi kabar bahagia di tengah banyaknya isu kenaikan harga barang. Pasalnya, hanya dengan Rp 5.000, pembaca sudah bisa menikmati berita aktual dan tepercaya dengan nyaman tanpa iklan di Kompas.com.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada 2022 mencapai 210 juta atau tumbuh sekitar 77 persen dari total penduduk Indonesia pada 2021.

Sementara itu, riset Katadata.id menunjukkan bahwa sebanyak 60 persen dari responden menggunakan internet untuk mencari berita. Di sisi lain, sebanyak 65 persen dari responden riset menggunakan ad-blocker ketika berselancar di dunia maya.

Kompas.com+ memandang data tersebut sebagai sebuah tantangan bagi media online di Indonesia untuk menyediakan pengalaman membaca berita yang lebih baik bagi pengguna internet.

Proses jurnalistik yang baik butuh kapital

Sebuah proses jurnalistik yang baik umumnya melibatkan proses redaksional yang tidak selalu sederhana.

Dalam melakukan rangkaian kerja jurnalistik, seperti proses observasi, investigasi, dan produksi berita, sebuah media tidak dapat lepas dari kebutuhan kapital, baik secara personal maupun materiel.

Guna memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi, pemangku kepentingan media umumnya bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyajikan berita dengan timbal balik berupa eksposur langsung kepada pembaca.

Dengan demikian, pembaca dapat menikmati informasi tanpa dibebani biaya langsung dalam jumlah besar. Namun, setelah menerima banyak masukan, Kompas.com+ membuka jalan tengah bagi pembaca setia Kompas.com yang mendambakan informasi lugas dan nyaman tanpa iklan.

Kompas.com berterima kasih atas segala saran dari pembaca sehingga bisa terus meningkatkan layanan.

Sejak pertama kali muncul di internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online, Kompas.com telah menjadi salah satu media online teratas di Indonesia.

Dikunjungi lebih dari satu juta pengguna internet setiap hari, Kompas.com terus berinovasi untuk menyediakan informasi dan pengalaman terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Untuk membaca berita nasional dan internasional terkini yang akurat dan tepercaya, pembaca dapat mengunjungi www.kompas.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com