Advertorial

Bhumi Varta Technology Kembangkan Aplikasi Digital untuk Sukseskan Indonesia Bertutur 2022

Kompas.com - 09/09/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia perangkat lunak, Bhumi Varta Technology, bersama PT Mitreka Solusi Indonesia menjadi technology provider untuk kegiatan Festival Indonesia Bertutur 2022.

Kegiatan tersebut diadakan di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), pada Rabu (7/9/2022) hingga Minggu (11/9/2022).

Demi memperlancar penyelenggaraan acara dan mempermudah pengunjung festival dalam mencari informasi, kedua pihak telah mengembangkan aplikasi Indonesia Bertutur.

Adapun untuk membantu pengguna dalam mengetahui ragam akomodasi yang tersedia di kawasan Candi Borobudur, aplikasi Indonesia Bertutur telah dilengkapi dengan data geospasial.

Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga menggunakan teknologi location intelligence yang memungkinkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dapat melihat pola kunjungan untuk setiap acara dan menganalisis faktor yang memengaruhinya.

Informasi tersebut nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaran festival serupa di masa mendatang.

Kehadiran aplikasi Indonesia Bertutur pun direspons positif oleh para pengunjung yang hadir dalam acara Indonesia Bertutur, salah satunya Asa. Pria asal Kebumen ini mengatakan bahwa penggunaan aplikasi Indonesia Bertutur sangat mudah. Utamanya, ketika melakukan proses login dan pendaftaran.

Untuk diketahui, kurang dari 24 jam sejak dirilis, aplikasi Indonesia Bertutur sudah diunduh dan dipakai oleh 30.000 pengguna.

“Aplikasinya gampang digunakan, mudah disesuaikan di semua smartphone, dan mempermudah pengunjung untuk masuk ke festival,” ujar Asa dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Sebagai informasi, kegiatan Indonesia Bertutur 2022 hadir dengan tema “Mengalami Masa Lalu, Menumbuhkan Masa Depan”. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara pada bidang kebudayaan di Presidensi Group of Twenty (G20) Indonesia.

Adapun penyelenggaraan festival Indonesia Bertutur bertujuan untuk menjadi wadah berkelanjutan dalam menjaga budaya.

Selain itu, festival tersebut juga diharapkan dapat memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan bisa membantu kembali meningkatkan aktivitas perekonomian di area Candi Borobudur.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com