Advertorial

Pastikan Tepat Sasaran, Mas Dhito Pantau Langsung Penyaluran BLT BBM

Kompas.com - 09/09/2022, 22:43 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meninjau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) di Kecamatan Gampengrejo, Jumat (9/9/2022).

Dengan mendatangi satu per satu warga yang sedang mengantre, Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu memastikan penyaluran BLT BBM pada hari pertama di wilayahnya diberikan tepat sasaran.

“Kami pantau hari ini. Di Kecamatan Gampengrejo ini alhamdulillah tepat sasaran,” kata Mas Dhito dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri tersebut menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan adalah Rp 150.000 per bulan. Bantuan yang disalurkan adalah langsung untuk dua bulan.

“Ditambah dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 200.000, maka penerima bantuan menerima Rp 500.000,” jelasnya.

Adapun kenaikan bahan bakar minyak (BBM) membuat Mas Dhito yakin berdampak kepada masyarakat.

Untuk itu, pihaknya memprioritaskan bantuan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

Sementara, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Ariyanto, menerangkan bahwa penerima BLT BBM dari Kementrian Sosial (Kemensos) berjumlah 120.654 penerima manfaat. Penerima masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Adapun KPM masuk BPNT, Program Keluarga Harapan (PKH), atau PKH yang tidak menerima sembako.

“Totalnya di Kabupaten Kediri, yang sesuai dengan data bayar, ada 120.654 KPM,” tuturnya.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengajak Siti Solikah (65) saat menerima bantuan BLT BBM di Kecamatan Gampengrejo, Jumat (9/9/2022).Dok Humas Pemkab Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengajak Siti Solikah (65) saat menerima bantuan BLT BBM di Kecamatan Gampengrejo, Jumat (9/9/2022).

Salah satu penerima manfaat, Siti Solikah (65), mengaku senang karena mendapatkan BLT BBM. Rencananya, dirinya mengggunakan bantuan untuk tambahan modal berdagang di pasar.

Bade damel (Saya mau pakai untuk) usaha sayuran di pasar,” katanya usai ngobrol langsung dengan bupati muda yang hobi mengendarai vespa itu.

Punya kesempatan berbincan, Siti mengatakan bahwa selain ramah, Mas Dhito adalah sosok pemimpin yang baik bagi masyarakatnya.

Dirinya terkesan karena ditanya mengenai kebutuhan hidupnya sehari-hari oleh bupati berkacamata tersebut.

Wonge ganteng (orangnya ganteng), ramah, memimpin rakyatnya joss,” kata nenek Siti yang berasal dari Desa Ngebrak Kecamatan Gampengrejo tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com