Advertorial

Pertamina Bantu 455 UMKM Binaan Go Global, Ini Strateginya

Kompas.com - 11/09/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com – Pertamina memberikan bantuan kepada 455 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaannya yang telah berhasil go global. Sebagai informasi, pembinaan UMKM go global merupakan bentuk tanggung jawab sosial lingkungan prioritas dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Deputi SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menjelaskan bahwa Kementerian BUMN dan BUMN terus mendorong UMKM untuk dapat berkembang melalui berbagai program pembinaan. Tujuannya, agar produk lokal bisa bersaing dengan produk-produk luar negeri.

"BUMN konsisten mengikutsertakan UMKM Indonesia yang memiliki kualitas produk bagus untuk bisa berpartisipasi dalam pameran di luar negeri. Salah satu tujuannya sebagai media promosi bagi produk-produk UMKM kita," ujar Tedi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pertamina telah melakukan pembinaan UMKM melalui Program UMK Academy. Program tersebut memberi pembinaan dengan empat tahap, yakni Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global.

Salah satu UMKM binaan Pertamina yang telah mencapai tahap Go Global adalah Waroeng Disabilitas Sasirangan. UMKM asal Balikpapan, Kalimantan Selatan, yang memproduksi pakaian dan aksesori berbahan kain Sasirangan ini turut berpartisipasi dalam pameran Tong Tong Fair 2022 di Belanda.

“Saya sangat senang dapat mengikuti pameran di Belanda. Bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada Pertamina sebagai perantara,” ujar pemilik Waroeng Disabilitas Sasirangan, Norhidayah.

Norhidayah mengaku bangga karena produk-produk berbahan kain tradisional khas Kalimantan Selatan yang dibuat oleh anak-anak disabilitas tersebut dapat dipamerkan di event internasional. Keberhasilan ini menambah semangat dan kepercayaan dirinya bahwa produk anak berkebutuhan khusus mampu bersaing dengan produk dari mancanegara. 

Pertamina bantu UMKM binaannya tampil di Tong Tong Fair 2022 di Belanda 

Dok. Pertamina Pertamina bantu UMKM binaannya tampil di Tong Tong Fair 2022 di Belanda

Selain Waroeng Disabilitas Sasirangan, Ima Ecoprint juga menjadi UMKM binaan Pertamina lainnya yang tampil di Tong Tong Fair 2022. Ismawati sebagai pemilik UMKM asal Dumai, Riau, ini mengaku senang karena produk-produknya mendapatkan antusiasme tinggi dari konsumen di luar negeri.

"Selain dijual di Indonesia, produk saya banyak mendapat pesanan dari Negeri Jiran, Malaysia," tuturnya.

Ismawati berharap produk Ima Ecoprint dan UMKM binaan Pertamina lainnya akan selalu diikutsertakan dalam banyak kegiatan pameran di luar negeri. Dengan strategi tersebut, UMKM dapat mengembangkan bisnis di pasar internasional.

Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Management Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah pendampingan kepada UMKM binaannya agar tumbuh dan mampu bersaing di kancah global.

“Pertamina memiliki program UMK Academy, di mana pelaku UMK dikelompokan berdasarkan kemampuan dan kapabilitasnya yang disesuaikan dengan roadmap UMK binaan, sehingga dapat dilakukan pemantauan dengan lebih mudah dan terukur,” tegasnya.

Untuk diketahui, kelas UMK Academy Go Global menyasar kepada UMKM binaan yang sudah siap mengekspor produknya. Kesiapan tersebut berkat pembekalan seputar strategi penentuan harga, kelayakan produk, pengenalan world market, optimalisasi produksi berkelanjutan, dan wawasan lingkungan.

“Pertamina akan terus meningkatkan partisipasi para mitra binaannya untuk bisa mengikuti pameran, baik di dalam maupun luar negeri, sehingga produk-produk lokal mendapat tempat di pasar global serta ada multiplier effect terhadap perekonomian UMKM dan nasional,” ucap Fajriyah.

Program pembinaan UMKM, lanjut dia, sejalan dengan dukungan Pertamina untuk mencapai poin kedelapan dari Environmental, Social, and Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs), yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi yang diwujudkan melalui program pendanaan dan pembinaan UMKM.

Fajriyah menegaskan bahwa Pertamina juga terus berupaya mendorong setiap mitra binaannya menjadi UMKM Go Global melalui berbagai program dan semangat energizing your future.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com