Advertorial

Hadirkan Layanan Lengkap dan Mudah, Ini Cerita Nasabah Gerai Senyum

Kompas.com - 13/09/2022, 19:48 WIB

KOMPAS.com - Ketiga perusahaan yang tergabung dalam holding Ultra Mikro (UMi), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), berinisiatif meningkatkan layanan keuangan melalui Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum).

Manfaat dari layanan tersebut turut dirasakan oleh salah satu warga Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Eti Herawati.

Eti menyampaikan bahwa gerai Senyum menjadi solusi untuk mengakomodasi kebutuhan layanan keuangan dengan biaya murah dan proses cepat. Ia pun optimistis bahwa layanan ini bisa membantu usahanya naik kelas.

“Layanan menjadi lebih maksimal untuk dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat dalam satu tempat. Di sana (gerai Senyum), kami diarahkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing (nasabah),” ujar Eti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Eti melanjutkan, para petugas di gerai Senyum di wilayahnya juga memberikan edukasi dengan ramah. Hal ini membuat nasabah jadi lebih mudah mendapatkan informasi yang tepat terkait layanan jasa keuangan.

Tak hanya menjadi nasabah, Eti juga menjadi bagian dari Agen BRILink dan Agen Pegadaian dengan memanfaatkan toko sembako yang dimilikinya. Sejak menjadi kedua entitas tersebut, Eti merasa kemampuan ekonominya jadi terdongkrak

Saat ini, dengan menjadi agen Laku Pandai, Eti melayani 60 sampai dengan 100 nasabah per hari dengan keuntungan ekonomi sekitar Rp 600.000 hingga Rp 700.000 per hari. Bahkan, pada waktu tertentu, keuntungannya bisa mencapai Rp 2 juta per hari.

Kata ia, Warga Desa Soriutu turut merasakan keuntungan dengan bisa bertransaksi kapan dan di mana pun. Terlebih, mayoritas warga di di sana berprofesi sebagai petani.

“Menjadi agen itu yang jelas sangat mantap. Alhamdulillah (dari kegiatan ini) bisa membantu ekonomi,” ujarnya.

Untuk diketahui, melalui holding UMi, ketiga entitas perusahaan yang tergabung kini memiliki lebih dari 16.900 unit gerai layanan fisik di seluruh Indonesia. Sementara, untuk gerai Senyum sudah mencapai 1.002 titik di Indonesia dan akan terus bertambah.

Terkait integrasi layanan, holding UMi diperkuat oleh lebih dari 70.000 tenaga pemasar yang dilengkapi dengan platform Senyum Mobile. Jumlahnya pun akan terus bertambah seiring waktu berjalan untuk memperluas layanan ke seluruh penjuru Indonesia.

Berdasarkan data BRI Group sebagai induk holding UMi, per Juni 2022, ada sekitar 45 juta potensi nasabah ultramikro yang dapat diberdayakan. Sekitar 15 juta di antaranya sudah dapat mengakses lembaga pembiayaan formal.

Namun, masih ada 12 juta pelaku usaha ultramikro yang mengakses pembiayaan informal, seperti rentenir. Sementara itu, 18 juta pelaku usaha ultramikro lainnya belum tersentuh lembaga pembiayaan formal ataupun informal. Oleh sebab itu, segmen ultramikro menjadi sumber pertumbuhan baru BRI Group.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com