Advertorial

Mas Dhito Beri Bantuan Beasiswa Pendidikan untuk Ratusan Mahasiswa di Kabupaten Kediri

Kompas.com - 15/09/2022, 13:25 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Dhito memberikan beasiswa kepada ratusan mahasiswa asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melalui Gerakan Nasional Orangtua Asuh (GNOTA).

Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa kurang mampu dan berprestasi yang telah diterima di berbagai perguruan tinggi Indonesia.

Mewakili Mas Dhito, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin menyebutkan, lebih dari 15.000 pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Kediri mendapatkan beasiswa pada 2022.

“Untuk tahap satu, GNOTA membagikan bantuan untuk 241 mahasiswa dengan nilai bantuan sebesar Rp 1,47 miliar,” kata Muhsin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Bantuan selanjutnya, lanjut Muhsin, akan diberikan kepada siswa yang baru saja masuk ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan wujud perhatian Mas Dhito dalam memberikan kesempatan kepada pelajar supaya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen Mas Dhito untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar dari keluarga tidak mampu untuk terus bisa menempuh pendidikan sampai sarjana,“ tuturnya.

Muhsin menjelaskan bahwa kriteria penerima manfaat beasiswa GNOTA adalah berasal dari warga Kabupaten Kediri yang tergolong tidak mampu, mempunyai prestasi, serta lulus dan diterima di perguruan tinggi.

Pada tahap pertama, beasiswa tersebut diberikan kepada tiga golongan mahasiswa, yakni mahasiswa strata satu (S1) dan diploma empat (D4) sebanyak 140 orang, mahasiswa baru diploma tiga (D3) sebanyak 13 orang, serta mahasiswa berprestasi sebanyak 88 orang.

Ke depan, Mas Dhito juga menyiapkan beasiswa bagi siswa berprestasi, baik akademik maupun nonakademik. Dengan demikian, cakupan manfaat beasiswa yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri semakin luas dan bisa dirasakan oleh pelajar dan mahasiswa secara langsung.

Mewakili Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin memberikan beasiswan kepada ratusan mahasiswa asal Kabupaten Kediri melalui GNOTA.DOK. Pemkab Kediri Mewakili Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin memberikan beasiswan kepada ratusan mahasiswa asal Kabupaten Kediri melalui GNOTA.

Salah satu penerima beasiswa asal Kecamatan Tarokan, Siti Nirna Nawi Muhafaf, mengaku senang karena mendapatkan bantuan dari Mas Dhito. Pasalnya, untuk mendapatkan bisa beasiswa GNOTA, ia harus mengalami kegagalan seleksi sebanyak dua kali.

“Alhamdulillah, cukup senang karena waktu mendaftar GNOTA saya menghadapi banyak tantangan. Saya baru lolos setelah daftar ketiga kali,” tutur Siti usai menerima beasiswa di Taman Hijau Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri, Rabu (14/9/2022).

Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri itu melanjutkan, beasiswa tersebut dapat membantu dirinya dan orangtua sehingga sebagian dari tabungannya dapat digunakan untuk keperluan kuliah lainnya.

“Terima kasih kepada Mas Dhito yang telah menyalurkan bantuan ini. Sangat membantu bagi kami mahasiswa ,” ucap Siti.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com