Advertorial

KOTRA Surabaya Dorong Transformasi Digital di Indonesia lewat Kerja Sama dengan Perusahaan Korsel

Kompas.com - 15/09/2022, 14:24 WIB

 

KOMPAS.com - Kantor perwakilan dagang pemerintah Korea Selatan (Korsel) di Surabaya, Korea Trade and Investment Promotion Agency (KOTRA), berkolaborasi dengan perusahaan teknologi asal Korsel, Arasoft, untuk mengadakan pelatihan pembuatan dokumen digital menggunakan perangkat lunak Namo Author.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di dua tempat, yakni di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (5/9/2022) hingga Jumat (9/9/2022) dan di Universitas Ma Chung, Kota Malang, pada Senin (12/9/2022) sampai Selasa (13/9/2022).

Untuk diketahui, dalam pelatihan itu, Arasoft memberikan 100 lisensi Namo Author dengan biaya setara 40.000 dollar AS. Serah terima lisensi ini dilakukan dalam acara East Java Investment Week pada Rabu (14/9/2022), dan turut disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebanyak 20 peserta dari dari kalangan pegawai pemerintahan lokal yang mengikuti pelatihan tersebut untuk mempelajari teknologi. Pelatihan ini diharapkan dapat diimplementasikan terhadap perkembangan digital government.

pelatihan pembuatan dokumen digital menggunakan perangkat lunak Namo Author Dok. KOTRA Surabaya pelatihan pembuatan dokumen digital menggunakan perangkat lunak Namo Author

Selain itu, ada pula 40 peserta dari kalangan akademisi universitas, seperti mahasiswa, staf, dan dosen yang mengikuti pelatihan tersebut untuk membantu mengurangi penggunaan kertas di lingkungan pendidikan.

Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati mengatakan bahwa teknologi dan sistem digital Korsel yang canggih diharapkan dapat menjadi contoh baik bagi kemajuan teknologi di Indonesia.

“Kami menantikan potensi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Korsel lainnya melalui KOTRA,” tutur Bambang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Rektor Universitas Ma Chung Murpin Josua Sembiring juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi langkah awal untuk membuka kerja sama dengan perusahaan Korsel.

“Ini merupakan sebuah awal untuk berbagai potensi kerja sama antara Universitas Ma Chung dan KOTRA dengan perusahaan-perusahaan Korsel,” ujarnya.

Serah terima lisensi Namo Author dalam acara East Java Investment Week pada Rabu (14/9/2022) Dok. KOTRA Surabaya Serah terima lisensi Namo Author dalam acara East Java Investment Week pada Rabu (14/9/2022)

Sementara itu, Director General KOTRA Surabaya Kim Jun-sung menjelaskan bahwa kegiatan berbasis environmental, social, and governance (ESG) tersebut menjadi panggilan dan kewajiban sosial yang diharapkan oleh konsumen global terhadap perusahaan.

“Kami akan terus memberikan support kepada perusahaan Korsel untuk dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan Indonesia serta memberikan kontribusi sosial,” imbuh Kim.

Sebagai informasi, pada Rabu (10/8/2022), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun juga melakukan kerja sama dengan perusahaan Korsel, ECOLANT, untuk pengembangan smart city di Kabupaten Madiun dengan menggunakan teknologi smart LED dan smart pole.

KOTRA turut mendukung upaya tersebut dengan ikut menandatangani perjanjian kerja sama pada Rabu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com