Advertorial

Pertamina Eco RunFest 2022, Berlari untuk Bumi yang Lebih Sehat

Kompas.com - 18/09/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com – Kegiatan lari tahunan Pertamina Eco Run kembali hadir dengan format baru yang lebih segar. Tahun ini, nama yang diusung adalah Pertamina Eco RunFest 2022.

Agenda lari tahunan itu akan dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Penyelenggaraan Pertamina Eco Run tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena ada dua acara baru.

Acara pertama adalah Eco-Market, yaitu bazar produk-produk kuliner, local brands dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ramah lingkungan.

Kemudian ada Energizing Music Festival yang menyajikan penampilan musisi-musisi favorit Indonesia.

Pendaftaran Pertamina Eco Run dibuka mulai Jumat (26/9/2022) hingga Minggu (13/11/2022). Runners dapat mendaftar melalui website www.pertaminaecorunfest.com.

Melalui event itu, pencinta lari bisa menikmati kembali serunya berlari bersama dalam berbagai kategori lari, yaitu 1,5K Family Run yang dapat diikuti anak usia 7-12 tahun dan pendamping (lebih dari 17 tahun) serta 5K Fun Run yang dapat diikuti oleh semua usia.

Kemudian, ada 10K Race dengan kategori Pelajar (usia 13-17 tahun), Umum (usia 18-44 tahun), dan Master (lebih dari 45 tahun).

Ada pula Half Marathon 21K Race dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

Sehat untuk Bumi

Hal unik lain dari Pertamina Eco RunFest 2022 adalah peserta bisa berdonasi untuk program Desa Energi Berdikari Pertamina.

Program itu digalakkan guna membantu masyarakat di berbagai desa mendapatkan akses listrik lewat pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi mengatakan, dengan semangat Energizing The Great Start, Pertamina Eco RunFest 2022 mengajak masyarakat untuk berkolaborasi bersama membantu desa-desa di Indonesia untuk lebih berdikari.

“Utamanya dalam memenuhi kebutuhan energi sendiri dengan menggunakan sumber energi bersih serta meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan aspirasi kami untuk mencapai tujuan bersama Net Zero Emissions," ucap Brahmantya.

Sebagai informasi, Desa Energi Berdikari merupakan program unggulan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pertamina yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat di desa terpencil dan terisolasi akan energi yang ramah lingkungan, terjangkau, serta berkelanjutan.

Selain itu, program itu juga digalakkan untuk mendorong perekonomian masyarakat sehingga mereka bisa lebih sejahtera.

Sepanjang 2021, 19 program Desa Energi Berdikari Pertamina yang berhasil mengurangi emisi lebih dari 261.000 ton CO2 per tahun.

Desa Energi juga telah memberikan manfaat akses energi kepada lebih dari 1.900 kepala keluarga serta meningkatkan ekonomi masyarakat hingga mencapai Rp 1,9 miliar.

Pada 2022, Pertamina terus melanjutkan program tersebut dan telah mendapatkan dukungan dari berbagai stakeholder.

Mekanisme pendaftaran

Mekanisme pendaftaran Pertamina Eco RunFest 2022 dimulai dengan melakukan penukaran kode voucher 10 poin yang bisa didapatkan melalui pembelian bahan bakar minyak (BBM) Pertamax series dan Pertamina Dex melalui aplikasi MyPertamina.

Setelah mendapatkan kode voucher, peserta dapat melakukan pendaftaran melalui website www.pertaminaecorunfest.com dengan mengikuti petunjuk pendaftaran yang ada.

Kemudian, pengguna menginput kode voucher sebelum melakukan pembayaran untuk menjadi peserta. Proses registrasi berhasil setelah peserta mendapatkan email konfirmasi pendaftaran.

Biaya pendaftarannya, yakni Rp. 250.000 untuk kategori 5K Fun Run, Rp. 450.000 untuk kategori 10K, dan Rp. 600.000 untuk kategori Half Marathon 21K Race.

Adapun 1,5K Family Run dikenakan biaya Rp. 300.000 (1 pendamping dan 1 anak).

Dengan melakukan pendaftaran, para peserta akan mendapatkan race pack Eco-Run berupa jersey exclusive, tas serut, dan nomor pelari (BIB) yang dapat diambil pada 24-26 November 2022.

Selain itu, seluruh peserta juga berkesempatan untuk memenangkan doorprize, medal exclusive, serta hadiah untuk pemenang kategori 10K dan 21K saat hari pelaksanaan.

Penjualan tiket Energizing Music Festival pun akan segera dibuka. Pengunjung dapat menikmati penampilan musisi-musisi favorit Tanah Air sambil menyantap kuliner lokal dan berbelanja produk-produk yang ramah lingkungan.

Brahmantya berharap, Pertamina Eco RunFest 2022 dapat menarik perhatian peserta dan pengunjung.

“Karena event olahraga yang digabungkan dengan festival musik, kuliner, dan kerajinan dapat mendorong perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya,” tuturnya.

Informasi mengenai Pertamina Eco RunFest 2022 bisa didapatkan dengan mengunjungi situs www.pertaminaecorunfest.com.

Anda juga bisa mengunjungi akun Instagram @pertamina.ecorunfest atau akun Twitter dan Facebook Pertamina.

Kontak lebih lanjut bisa didapatkan info@pertaminaecorunfest.com atau nomor 0898 9814 796 (Eco-Run) dan 0851 7238 2233 (Eco-Fest).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com