Kabar pos

Gaungkan "Menanam AKHLAK", Pos Indonesia Serentak Tanam 27.600 Pohon di Seluruh Nusantara

Kompas.com - 18/09/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com – Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-276 Pos Indonesia pada 26 Agustus 2022 bertema “Pos Indonesia untuk 276 Tahun ke Depan” masih terus berlanjut.

Kegiatan terbaru adalah penanaman serentak 27.600 pohon di jaringan Pos Indonesia seluruh Nusantara.

Kegiatan yang bertajuk “Menanam AKHLAK” itu merupakan perwujudan bakti terhadap lingkungan sekaligus komitmen menjaga nilai-nilai AKHLAK oleh seluruh Insan Pos dari Sabang sampai Merauke.

Penanaman enam pohon AKHLAK dilakukan di kampus Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) dilakukan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tedi Bharata bersama Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) Sidarto Danusubroto, Komisaris Pos Indonesia, dan Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi.

Dalam rangkaian acara ‘Menanam AKHLAK’ itu, dilakukan pula telekonferensi dengan 42 kantor cabang pembantu (KCU) di seluruh Indonesia.

Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mengaku bersyukur dapat hadir pada acara penanaman pohon AKHLAK pada HUT ke-276 Pos Indonesia.

Pria yang akrab disapa Opa Sidarto itu mengaku teringat saat dirinya menjadi ajudan Presiden Ir Soekarno setelah Supersemar. Saat itu, Soekarno melarang adanya penebangan hutan.

“Dulu beliau ngomong begini sama saya, ‘Negara yang punya hutan alami itu hanya Brazil, Kongo, dan Indonesia. Tanpa kita menebang hutan, dunia butuh paru-paru Indonesia’. Saya harap inspirasi dari Bung Karno ini diwarisi oleh segenap keluarga besar Pos Indonesia di seluruh Indonesia, dengan menanamkan pohon AKHLAK tadi,” pesan Opa Sidarto, dikutip dari keterangan persnya, Minggu (18/9/2022).

Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) Sidarto Danusubroto dalam acara penanaman pohon yang digelar Pos Indonesia. 

DOK. Humas Pos Indonesia Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) Sidarto Danusubroto dalam acara penanaman pohon yang digelar Pos Indonesia.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menyambut baik inisiatif Pos Indonesia menyelenggarakan kegiatan menanam pohon yang dikaitkan dengan internalisasi nilai-nilai AKHLAK pada seluruh karyawan Pos Indonesia.

Menurutnya, penanaman pohon yang dilakukan Pos Indonesia bisa menjadi contoh bagi BUMN yang lain.

“Karena kami punya program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) untuk menanam satu juta pohon serentak oleh seluruh BUMN yang direncanakan berlangsung pada November 2022,” kata Tedi.

Tedi menambahkan, tidak ada perusahaan yang sudah mencapai umur 276 tanpa memberikan value serta nilai tambah untuk lingkungan dan sesama.

"Kalau tidak bermanfaat tidak akan bisa. Ini adalah bukti bahwa pada HUT ke-276, Pos Indonesia bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, transformasi diperlukan agar Pos Indonesia bisa terus bertahan di tengah gempuran zaman. Ia pun mengingatkan bahwa program AKHLAK bukan hanya sekadar adagium atau slogan.

“Nantinya ini, behavior atau perilaku ini harus ada garisnya ke bottom line. Perilaku dari karyawan, perilaku dari management yang baik itu menentukan sustainability dari perusahaan,” ungkapnya.

Perilaku itu, sebut Tedi, saat ini terus dikembangkan agar Pos Indonesia sebagai salah satu BUMN bisa semakin baik ke depannya.

"Hal yang belum baik, kami perbaiki. Tidak hanya hubungan teknis, tetapi juga hubungan kompetensi dari management dan karyawan yang tidak kalah penting," ucapnya.

Dengan begitu, kata dia, program AKHLAK dapat terus dilakukan dan diberdayakan sehingga benar-benar menjadi core value dari BUMN.

Program penanaman pohon Pos Indonesia

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dalam acara penanaman pohon yang digelar Pos Indonesia. 

DOK. Humas Pos Indonesia Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dalam acara penanaman pohon yang digelar Pos Indonesia.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, kegiatan menanam pohon bertujuan untuk memperkuat peran perusahaan dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial pilar lingkungan.

Pemilihan tema Menanam AKHLAK bermakna bahwa insan Pos Indonesia menjadikan budaya AKHLAK sebagai core value dalam keseharian, termasuk kepedulian pada kelestarian lingkungan hidup di jaringan Pos Indonesia Group.

“Kami ingin ratusan tahun lagi hutan hidup, maka ditandai pohon sebanyak 27.600 pohon, tersebar di 4.860 lokasi, jadi jumlah Kantor Pos ini di seluruh Indonesia ada 4.860. Betul-betul kita tanam sebanyak 27.600 pohon,” kata Faizal.

Sebagai informasi, 45 KCU daerah yang mengikuti telekonferensi juga ikut melakukan penanaman pohon secara serentak.

Penanaman pohon serentak di 4.860 lokasi itu pembagiannya, antara lain 60 pohon di Kantor Pos pusat, 150 pohon di Kantor Pos regional, 588 pohon di KCU, 2.028 pohon di KC, dan 24.770 pohon di KCP.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com