Advertorial

Pengalaman Ikonik Menikmati Olahraga Alam serta Pentas Musik dan Budaya di Atas Awan

Kompas.com - 19/09/2022, 07:00 WIB

 

KOMPAS.com -- Plataran Bromo Xtravaganza sukses diselenggarakan pada Sabtu (10/9/2022) dan Minggu (11/9/2022). Mengusung tema “Music, Sports, and Climate”, gelaran ini memadukan berbagai pengalaman dengan latar alam yang spektakuler. Penonton dapat merasakan pengalaman ekowisata ikonik yang tak terlupakan.

Plataran Bromo Xtravaganza menggabungkan pentas budaya dan musik berskala nasional yang diselenggarakan secara hibrida, atau luring dan daring. Secara total, gelaran ini disaksikan oleh lebih dari 30.000 penonton.

Pentas budaya dan musik yang diselenggarakan merupakan live concert di atas awan yang bertema “Dari Bromo untuk Nusantara”. Konser tersebut berlangsung di Plataran Bromo-Putri Dewi Amphitheater.

Konser musik tersebut diramaikan ole penampilan dua penyanyi legendaris, Trie Utami dan Syaharani. Keduanya membawakan sederet tembang kenangan dengan aransemen baru yang lebih modern.

Plataran Bromo-Putri Dewi Amphitheater terletak di atas bukit dan memiliki pemandangan beberapa gunung, termasuk Gunung Arjuna yang megah. Oleh sebab itu, nuansa pertunjukkan tidak biasa dan tidak pernah terbayangkan, karena layaknya di atas awan dapat dihadirkan bagi penonton.

Konser tersebut juga kian semarak oleh penampilan deretan musisi milenial terbaik. Beberapa di antaranya adalah Keljo, Steffanie, Iksan Skuter, Roselyn, Tiwi, Nadya, dan diiringi oleh Audiensi Band.

Mereka digandeng karena konser yang merupakan hasil kolaborasi antara Plataran dan Don Sistem Suara Indonesia (DSS Indonesia) ini bertujuan untuk memberikan kesempatan serta menonjolkan para musisi milenial ke jenjang nasional.

Olahraga alam

Selaras dengan tema, Plataran Bromo Xtravaganza juga menyelenggarakan ajang olahraga, mulai dari maraton yang menantang hingga easy walk yang menyenangkan.

Kegiatan olahraga dilangsungkan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan salah satu pusat ekowisata dari Plataran Indonesia, yaitu Plataran Bromo Resort and Venue.

Plataran Bromo Resort and Venue sendiri baru mendapatkan penghargaan Traveler’s Choice Awards 2022 dari Tripadvisor sebagai Top 25 Hotels for Families-Asia.

Ajang olahraga Plataran Bromo Xtravaganza diselenggarakan bertepatan dengan Bromo Marathon pada Minggu. Garis start dan finish maraton berlokasi di Plataran Bromo sebagai official race venue. Bromo Marathon sendiri merupakan gelaran lari tahunan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang sudah eksis sejak lama.

Ajang maraton yang diselenggarakan pertama kali pada 2013 ini mendapat tanggapan positif dengan diikuti lebih dari 900 pelari dan 5.000 penonton yang berasal dari lebih 30 negara. CNN bahkan sempat menobatkan Bromo Marathon sebagai salah satu Asia’s Top Destination Races 2013.

Kegiatan olahraga yang diselenggarakan selama Plataran Bromo Xtravaganza juga ditujukan untuk mendekatkan masyarakat dengan alam. 

DOK. Plataran Kegiatan olahraga yang diselenggarakan selama Plataran Bromo Xtravaganza juga ditujukan untuk mendekatkan masyarakat dengan alam.

Pada hari tersebut, Plataran Bromo Xtravaganza menghadirkan Plataran Fun Trail sebagai bagian dari program Sahabat Alam Plataran. Acara ini merupakan fun and easy walk dengan pilihan rute 4 kilometer dan 2 kilometer.

Partisipan yang mengikuti kegiatan ini dapat menjelajahi alam, menghirup udara segar, dan menikmati pemandangan panorama spektakuler di atas awan.

Plataran Fun Trail menjadi upaya Plataran untuk mendekatkan masyarakat dengan alam. Tujuannya, agar masyarakat lebih bijaksana dan mau berkontribusi untuk membuat Bumi Pertiwi lebih sehat dan lebih siap menghadapi situasi perubahan iklim.

Setelah mencapai finish, mereka dapat mengikuti pesta rakyat yang diisi meriahnya iringan musik serta beragam camilan dan minuman dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat yang tergabung dalam Plataran UMKM Ekosistem.

Penggemar foto dapat memanfaatkan suasana fotogenik untuk selfie dan wefie, termasuk dengan drone yang disediakan oleh Plataran Bromo. Hadir pula berbagai permainan unik tradisional yang menawarkan banyak hadiah.

Plataran Fun Trail diperuntukkan bagi segala usia dikarenakan oleh rutenya yang menyenangkan dan mudah.

Ciptakan pengalaman ikonik

Menurut CEO dan founder Plataran Indonesia Yozua Makes, mengikuti Plataran Bromo Xtravaganza merupakan pengalaman ikonik. Pengunjung dapat menikmati konser, olahraga, alam, dan budaya di atas awan. Pengalaman itu hanya dapat diperoleh di Plataran Bromo.

Yozua menjelaskan, Plataran Bromo Xtravaganza merupakan acara tahunan yang diselenggarakan atas kolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM setempat.

Selain turut memberdayakan UMKM setempat, gelaran ini merupakan acara hiburan yang menonjolkan potensi artis muda di Jawa Timur. Harapannya, mereka mendapatkan kesempatan yang sama seperti para artis senior di industri musik Indonesia.

“Nantinya para artis-artis muda ini akan berkompetisi dengan artis-artis muda dari Plataran Xtravaganza di Jakarta, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Timur, dalam ajang puncak Plataran Xtravaganza di awal tahun 2023 yang rencananya diadakan di atas kapal-kapal Phinisi Plataran di Taman Nasional Komodo,” ujar Yozua.

Yozua menambahkan, selain melaksanakan business operations resort, hotel, venue and dining, private cruises, dan eco development di sejumlah wilayah di Indonesia, pihaknya kerap kali menggelar perhelatan akbar untuk mengangkat tema dan isu tertentu sekaligus meningkatkan kesadaran (awareness) akan suatu destinasi, baik di Jakarta, Bali, maupun Bromo, ke seluruh Indonesia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, Plataran Bromo selalu mengadakan kegiatan luar biasa.

Kegiatan-kegiatan tersebut, kata Emil, tentunya akan menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, terutama Bromo dengan mengangkat budaya, olahraga, musik, pelestarian alam, serta mendukung komunitas setempat dan UMKM.

“Harapan saya, semoga Bromo selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan Pasuruan always fresh,” ujar Wagub Emil.

Senada dengan itu, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf menyampaikan apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan acara ini.

“Dengan hadirnya Plataran Bromo, keberadaan Kabupaten Pasuruan semakin dikenal, baik di Indonesia maupun mancanegara. Kami selaku pemerintah daerah dan seluruh warga Pasuruan sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari rangkaian acara ini,” ujarnya.

Plataran juga dinilai berhasil merajut suatu ekosistem melalui upaya kolaborasi, termasuk dengan pemda, UMKM setempat dalam kegiatan rutin tahunan.

Kegiatan yang mencakup musik, olahraga alam, dan budaya dalam suatu rangkaian kegiatan di atas awan dan dapat dinikmati langsung secara virtual oleh penonton dalam dan luar negeri turut menjadikan pariwisata Indonesia berbeda. [*]

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com