Advertorial

Tak Perlu Bingung, Ibu Bisa Siapkan Alat-alat Ini Saat Si Kecil Mulai MPASI

Kompas.com - 19/09/2022, 14:19 WIB

KOMPAS.com – Menginjak usia 6 bulan, si kecil mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Ini berarti ibu harus pintar mengatur menu untuk mencukupi nutrisi buah hati.

Selain menu, ibu juga harus memperhatikan beberapa peralatan, baik untuk makan maupun memasak. Agar tidak kebingungan, berikut tiga peralatan yang perlu ibu siapkan selama masa MPASI si kecil.

  1. Peralatan makan

Hal pertama yang harus ibu siapkan sebelum si kecil mulai makan adalah alat makan. Berbeda dengan peralatan makan dewasa, ibu perlu memilih alat makan bayi yang tepat.

Agar si kecil tetam aman gunakan peralatan makan, seperti sendok makan bayi atau garpu, yang memiliki ujung tumpul. Dengan demikian, alat makan tersebut tidak berpotensi melukai si kecil.

Pastikan juga alat makan yang dipilih mudah digenggam oleh bayi agar ia dapat belajar menggunakannya sendiri.

Untuk piring dan mangkok, Anda bisa memilih alat makan yang tidak mudah bergeser. Hal ini penting dilakukan agar piring tetap di tempatnya saat si kecil tidak bisa diam.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan material bahan dari alat makan bayi yang akan digunakan. Pilihlah material yang aman digunakan anak-anak, termasuk bayi.

Terakhir, pastikan Anda telah mensterilkan peralatan makan yang akan digunakan si kecil. Hal ini wajib dilakukan untuk memastikan tidak ada kuman atau bakteri tertelan.

  1. Peralatan memasak

Selanjutnya, peralatan memasak harus ibu perhatikan dalam menyiapkan MPASI. Jika tidak memungkinkan membeli peralatan masak baru khusus MPASI, ibu bisa memanfaatkan peralatan memasak yang sudah ada.

Meski demikian, sebaiknya pisahkan peralatan masak yang akan digunakan untu makanan yang berbumbu atau pedas dan menu MPASI. Anda dapat menggunakan panci yang sudah dicuci bersih untuk membuat bubur atau menu MPASI di kecil.

Selain itu, perhatikan juga pisau dan talenan yang digunakan. Pisahkan peralatan untuk memotong bahan masakan mentah dan matang. Hal ini diperlukan untuk meminimalisasi bakteri yang mungkin masuk ke dalam makanan matang.

  1. Gunakan kursi makan bayi

Saat memberikan MPASI, banyak orangtua yang menyuapi dengan cara menggendong si kecil. Mungkin cara ini dianggap lebih praktis dan membuat si kecil makan dengan lahap.

Faktanya, komunikasi dari mata ke mata saat bayi makan menjadi kegiatan yang penting bagi tumbuh kembang si kecil. Maka dari itu, ibu dapat menyuapi si kecil dari posisi depan.

Ibu dapat menggunakan kursi makan bayi yang didesain khusus untuk memberikan kenyamanan bagi si kecil. Biasanya, kursi ini memiliki sandaran yang empuk agar si kecil juga dapat belajar duduk sendiri. Ibu juga tak perlu khawatir karena kursi makan bayi dilengkapi dengan sabuk pengaman agar si kecil tidak mudah jatuh.

Itulah tiga peralatan yang dapat disiapkan untuk MPASI si kecil. Anda dapat membeli peralatan-peralatan tersebut secara online melalui Tokopedia.

Berbagai jenis dan merek peralatan makan, memasak, hingga kursi makan bayi dapat Anda temukan di Tokopedia. Terlebih, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah keuntungan, seperti gratis ongkos kirim, cashback, dan diskon pada kampanye tertentu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com