Advertorial

PT KAI Hadirkan 77.000 Tiket Promo pada Ajang KAI Expo 2022, Harganya Mulai Rp 30.000

Kompas.com - 19/09/2022, 16:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah absen selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero kembali menyelenggarakan KAI Expo 2022 di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Sabtu (17/9/2022) hingga Minggu (18/9/2022).

Gelaran bertema “Adaptive in Collaboration” itu menampilkan berbagai produk, promo menarik, serta informasi terbaru dari KAI Group, serta berbagai mitra KAI.

KAI Expo 2022 juga merupakan bagian dari rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-77 KAI yang akan diperingati pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Pada pameran tersebut, KAI menyediakan 77.000 tiket dengan harga khusus yang hanya dapat dibeli secara offline. Tiket yang ditawarkan berlaku untuk rute dari dan menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, serta Jember.

Adapun tiket dengan harga khusus tersebut ditawarkan untuk layanan beberapa kereta api (KA), di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pulang pergi/pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Gajayana (Gambir-Malang pp), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), serta Turangga (Bandung-Surabaya Gubeng pp).

Untuk harga, kelas eksekutif dibanderol Rp 150.000, kelas bisnis Rp 70.000, serta kelas ekonomi Rp 30.000.

Khusus keberangkatan pada HUT KAI, tarif KA kelas eksekutif hanya Rp 77.000, kelas bisnis Rp 17.000, serta kelas ekonomi Rp 7.000.

Tiket promo tersebut dapat digunakan untuk keberangkatan pada Senin (19/7/2022) sampai Selasa (18/9/2022).

Selain itu, jumlah tiket promo untuk setiap KA per tanggal jumlahnya terbatas. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan promo akan bertambah tergantung antusias masyarakat pada event tersebut.

Pengunjung yang ingin datang KAI Expo dapat membeli tiket masuk secara online di aplikasi Blibli dengan harga Rp 25.000. Pameran berlangsung mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, melalui KAI Expo 2022, masyarakat dapat melihat berbagai inovasi dalam dunia perkeretaapian dan industri pendukungnya. Masyarakat juga dapat membeli tiket untuk bepergian dengan tarif terjangkau

“Kolaborasi yang baik antara KAI Group dengan mitra-mitranya pada KAI Expo 2022 mencerminkan semangat Adaptive in Collaboration,” kata Hadis.

KAI, lanjut Hadis, melihat adanya tren peningkatan dan minat masyarakat dalam menggunakan kereta api dalam beberapa pekan terakhir, baik pada layanan KA Komuter maupun KA jarak jauh.

Hal tersebut sesuai harapan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi umum. Oleh karena itu, kehadiran KAI Expo 2022 diharapkan dapat menjadi stimulus bagi masyarakat untuk kembali menggunakan layanan transportasi kereta api dan mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Dengan begitu, sektor pariwisata juga dapat kembali pulih.

“Melalui KAI Expo 2022, kami berharap, masyarakat dapat menikmati berbagai promo dan hiburan yang disediakan KAI. Semoga semakin banyak masyarakat yang menikmati layanan KAI. KAI akan terus berinovasi menjelang HUT ke-77 pada tahun ini,” ujarnya.

Target kunjungan dan transaksi KAI Expo 2022

Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy mengatakan, pelaksanaan KAI Expo 2022 memiliki berbagai tujuan, mulai dari memperkenalkan berbagai produk terbaru PT KAI, meningkatkan penjualan tiket kereta, serta memperkenalkan KAI Expo 2022 supaya semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Hendy mengatakan, jumlah pengunjung yang membeli tiket KAI Expo 2022 tercatat mencapai 9.000.

Ia berharap, jumlah pengunjung yang datang ke acara tersebut dapat menembus lebih 20.000 pada Minggu. Menurutnya, pengunjung yang datang terlihat antusias. Hal ini terlihat dari antrean pengunjung yang panjang sebelum acara dimulai.

“Melalui KAI Expo 2022, kami menargetkan total nilai transaksi tiket promo sebesar Rp 5 sampai Rp 6 miliar,” ujar Hendy.

Pembukaan KAI Expo 2022. 

DOK. Kompas.com/Yogarta Awawa Prabaning Arka Pembukaan KAI Expo 2022.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI Sandry Pasambuna mengatakan, penyelenggaraan KAI Expo selalu mendapatkan respons positif dan animo besar dari masyarakat pengguna kereta api.

Dengan demikian, acara ini dapat menjadi salah satu strategi jitu untuk mendongkrak minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik, khususnya kereta api.

Selain itu, KAI Expo 2022 dapat menjadi wadah bagi stakeholder KAI dan para mitra untuk memperkenalkan inovasi dan produk terbarunya.

“Salah satu daya tarik KAI Expo 2022 adalah penjualan 77.000 tiket promo kelas eksekutif, bisnis,serta ekonomi. Acara ini juga menargetkan pengunjung dari kalangan traveler, komunitas, keluarga, sosialita, serta kalangan pencinta kereta api dengan rentang usia yang berbeda,” ujar Sandry.

Sebagai informasi, KAI Expo 2022 menghadirkan produk dan informasi layanan KAI dan para mitra, seperti KAI Commuter, KAI Services, KAI Bandara, KAI Wisata, KAI Logistik, KAI Properti, LRT Jabodebek, PT Kereta Cepat Indonesia China, PT Industri Kereta Api, serta MRT.

Perhelatan tersebut juga lebih meriah dengan penampilan Padi Reborn pada hari pertama dan RAN pada hari kedua.

Selain itu, KAI Expo 2022 juga diisi dengan berbagai acara menarik, seperti talkshow seputar perkeretaapian dan mitra pendukung, berbagai perlombaan seru, serta pengundian doorprize.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com