Advertorial

3 Resep Jus Sehat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 20/09/2022, 11:25 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, orang memiliki berat badan berlebih, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 2018, 1 dari 5 orang dewasa di Indonesia mengalami kelebihan berat badan.

Padahal, memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, serta hipertensi.

Sejatinya, terdapat berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Selain berolahraga, hal tersebut juga bisa didapat dengan mengonsumsi minuman dan makanan bernutrisi seimbang.

Salah satu minuman diet yang banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan adalah jus. Selain kaya serat dan nutrisi, jus juga memiliki rasa yang lezat. Terlebih, jus bisa dibuat dengan campuran dua buah sekaligus.

Lalu, apa saja resep jus untuk diet? Simak ulasan berikut.

  1. Jus pisang jeruk

Pisang dan jeruk dikenal sebagai buah yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Pisang sendiri kaya akan kandungan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon serotonin dalam otak.

Hormon serotonin sendiri berfungsi mengurangi menekan nafsu makan, mengurangi rasa sakit, serta membuat tubuh terasa relaks dan mengurangi ketegangan. Pisang juga mengandung karbohidrat tinggi yang dapat menjadi sumber energi. 

Sementara itu, jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu mempercepat proses metabolisme tubuh saat pembakaran lemak.

Dengan manfaat tersebut, pisang dan jeruk dapat dipadukan menjadi jus yang efektif untuk menurunkan badan. Adapun bahan-bahan untuk membuat jus ini, yakni satu buah pisang dan jeuk manis, air putih 300 mililiter (ml), serta satu sendok teh (sdt) madu.

Cara membuat jus itu pun mudah. Langkah pertama, kupas kulit pisang dan jeruk. Selanjutnya, potong pisang menjadi beberapa bagian. Singkirkan serabut putih yang menempel pada daging jeruk. Setelah itu, masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Tuang jus pisang jeruk ke dalam gelas.

  1. Jus tomat kemangi

Kemangi dan tomat memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Kemangi mengandung vitamin A, C, K, magnesium, zat besi, kalsium, serta potasium.

Sementara itu, tomat kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, folat, fosfor, potasium, kalium, serta vitamin A, B, dan C.

Dengan kandungan tersebut, jus tomat kemangi memiliki berbagai manfaat, seperti menurunkan berat badan, melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral, serta memelihara kesehatan kulit.

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus itu, yakni dua buah tomat, madu dan garam secukupnya, setengah buah mentimun, serta satu cangkir kemangi segar.

Cara membuat jus tomat kemangi bisa dimulai dengan memotong-motong tomat dan mentimun. Selanjutnya, masukkan kedua bahan tersebut dengan kemangi, madu, dan garam ke dalam blender. Terakhir, tambahkan air dan es batu secukupnya, lalu haluskan menggunakan blender. Jus ini pun siap dinikmati.

  1. Jus mangga wortel

Mangga dan wortel dapat diolah menjadi jus diet. Kandungan serat pada mangga dapat membakar kalori berlebih dari dalam tubuh. Bila dikonsumsi secara rutin, berat badan bisa turun secara ekstra. 

Selain mangga, wortel juga mengandung serat yang dapat membuat kenyang lebih lama. Wortel pun menjadi sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Karenanya, perpaduan mangga dan wortel dapat menjadi jus yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus mangga wortel, yakni satu buah mangga dan wortel, serta setengah gelas susu rendah lemak.

Untuk membuat jus itu, kamu bisa memotong-motong mangga dan wortel menjadi beberapa bagian. Masukkan kedua bahan itu bersama susu rendah lemak ke dalam blender.

Selanjutnya,blender sampai halus. Tuang jus ke dalam gelas dan nikmati dengan tambahan es batu sesuai selera.

Itulah tiga resep resep jus sehat untuk menurunkan berat badan. Untuk dapat membuat jus yang lezat, kamu membutuhkan blender terkini untuk dapat menggiling berbagai jenis buah dan sayur.

Sekarang, kamu tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari blender atau penggiling buah. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis blender di Tokopedia, mulai dari blender portable, mini, hingga elektrik. Kamu juga bisa mendapatkan blender Panasonic, blender Nasional, serta merek lainnya.

Di e-commerce berlogo hijau itu, kamu bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti potongan harga, cashback, serta gratis ongkos kirim (ongkir). 

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja belanja blender di Tokopedia dan rasakan berbagai keuntungannya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com