Advertorial

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Adakan Program Beasiswa Guru di 5 Wilayah Indonesia

Kompas.com - 20/09/2022, 15:38 WIB

KOMPAS.com – Guru Binar bersama PT Sampoerna Land menyelenggarakan program Beasiswa Pelatihan Guru Daring untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Program tersebut diadakan di lima wilayah, yakni Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Kota Surabaya, Provinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Gowa.

Head of Guru Binar Juliana mengatakan, terdapat 932 guru yang terdaftar pada program tersebut. Sebanyak 350 di antaranya berhasil menyelesaikan serangkaian pelatihan dengan baik dan telah mengembangkan portofolionya masing-masing di Guru Binar.

“Program kali ini memiliki proses yang sangat ketat. Para peserta yang berhasil menyelesaikan program sudah membuktikan bahwa selain semangat dan motivasi, mereka juga membutuhkan komitmen untuk belajar” ujar Juliana dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan pada program tersebut diawali dengan sesi pembekalan secara daring.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kelas pelatihan berisi materi dari berbagai topik yang sudah disesuaikan dengan para pendidik, seperti pembelajaran dalam kurikulum merdeka, pengembangan media pembelajaran digital, dan keterampilan lain yang relevan bagi peningkatan kualitas guru secara keseluruhan.

Selain mengikuti kelas pelatihan secara swapacu di Guru Binar, para peserta juga mengikuti sesi pendampingan pendalaman materi bersama para fasilitator yang kompeten.

Tidak hanya itu, peserta pun berkesempatan untuk mengikuti beragam web seminar (webinar) yang secara rutin dilaksanakan oleh Guru Binar setiap bulan.

Salah satu peserta pelatihan asal Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Vivi Wulandari, mengatakan bahwa dirinya merasa senang telah menjadi bagian dari pelatihan program beasiswa yang diadakan Guru Binar dan Sampoerna Land.

“Selain mendapatkan ilmu, saya juga mendapatkan pengalaman menarik. Sebab, pada kelas yang saya pilih, saya diminta untuk mengimplementasikan berbagai pelajaran yang sudah dipelajari di kelas. Jadi, terasa lebih nyata” kata Vivi.

Sebagai informasi, Guru Binar adalah platform pengembangan karier guru melalui berbagai pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF).

Pembentukan platform tersebut merupakan respons PSF terhadap situasi pandemi Covid-19 dan bertujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pelaksanaan pelatihan kali ini bukan merupakan akhir dari suatu upaya dalam pengembangan kompetensi guru, melainkan sebuah awal dari upaya pemerataan kualitas guru di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com