Advertorial

Sukses Rayakan Pagelaran Pesta Rakyat Simpedes Palembang, BRI Tegaskan Komitmen Dukung Kegiatan UMKM

Kompas.com - 21/09/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sukses menyelenggarakan agenda Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 edisi Palembang di Lapangan PTC Mall, Palembang, mulai Jumat (16/9/2022) sampai Minggu (18/9/2022).

Untuk diketahui, penyelenggaraan PRS BRI mengusung enam pilar, yaitu Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen. Melalui pilar tersebut, BRI berkomitmen untuk mendukung, mengakomodasi, serta mengedukasi proses digitalisasi kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selama kegiatan berlangsung, BRI PRS Kota Palembang dihadiri 30.000 pengunjung dan melibatkan 120 unit UMKM yang berasal dari Kota Palembang dan sekitarnya.

Chief Executive Officer (CEO) Regional Officer (RO) BRI Palembang Wahyudi Darmawan mengatakan bahwa BRI tidak hanya menyediakan produk dan layanan, tetapi juga menjadi support system terhadap UMKM. Salah satunya adalah melalui gelaran PRS.

“Kami menyediakan kegiatan literasi, edukasi, dan program corporate social responsibility (CSR). Dengan enam pilar PRS tersebut, kami berharap, komitmen dan dukungan BRI terhadap UMKM akan semakin membaik,” ujar Wahyudi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Dalam gelaran PRS di Kota Palembang, BRI juga mengadakan program literasi digital dengan memperkenalkan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Metode pembayaran tersebut digunakan untuk segala bentuk transaksi di seluruh booth UMKM selama agenda PRS berlangsung. Adapun masyarakat dapat memasuki area PRS cukup dengan membayar Rp 1 dengan memindai QRIS melalui aplikasi BRImo.

Hal tersebut bertujuan agar seluruh pengunjung BRI PRS Kota Palembang mendapatkan pengalaman pembayaran transaksi secara digital. Selain itu, fasilitas scan QRIS diharapkan juga mampu memudahkan proses transaksi masyarakat secara nontunai, mengedukasi masyarakat, dan mengurangi penggunaan uang fisik.


Penggunaan QRIS pada gelaran PRS BRI Kota Palembang. Dok. BRI Penggunaan QRIS pada gelaran PRS BRI Kota Palembang.

Kemudahan tersebut diakui oleh salah satu pengunjung BRI PRS dari Kota Palembang, Bima. Ia mengatakan bahwa dengan aplikasi BRImo dan sistem QRIS, ia tidak perlu khawatir membawa dompet yang tebal untuk bertransaksi. Ia pun tak perlu menunggu nominal kembalian dari setiap transaksi yang begitu merepotkan. Tinggal scan, transaksi pun selesai.

“Saya bisa menghemat waktu untuk menikmati berbagai macam produk UMKM dengan leluasa,” kata Bima.

Pada ajang BRI, PRS juga menghadirkan kelas produktif, workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan yang memfasilitasi pelatihan untuk perkembangan UMKM Kota Palembang.

Melalui kelas-kelas tersebut, UMKM mendapatkan materi dan wawasan bisnis, seperti mengelola faktor produksi, keuangan, dan digitalisasi teknologi agar dapat percaya diri (pede) dalam meningkatkan kapabilitas bisnisnya.

Hal tersebut merupakan komitmen BRI untuk mendukung UMKM dalam mendorong perekonomian nasional.

Pertunjukan seni lokal hingga nasional ramaikan PRS 2022

 

Pada gelaran BRI PRS Kota Palembang, terdapat pertunjukan seni yang melibatkan seniman lokal dan nasional. Salah satunya, pertunjukan pawai yang diikuti oleh berbagai komunitas seni, seperti komunitas Barongsai Palembang, Old School Bmx, dan scooter matic.

Pada acara Panggung, BRI PRS juga mengundang artis lokal dan nasional selama tiga hari agenda berlangsung, di antaranya Hutan Tropis, Kopral Jono, Fiersa Besari, Nella Kharisma, Geisha, Gigi, serta menghadirkan Yuanita Christiani dan Tommy Prabowo sebagai pemandu acara.

Selain pagelaran seni, BRI PRS juga memiliki program menarik yang melibatkan partisipasi pengunjung, seperti Panggung Masak, Panggung Ketawa, Panggung Ilmu, Panggung Bakat, Zumba, dan Pojok X’Sis. Selain itu, ada pula Program Peduli sebagai bentuk CSR BRI terhadap masyarakat Palembang. 

Sebagai informasi, rangkaian PRS BRI 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia dan gelaran utama di 12 kota. Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung ataupun dapat disaksikan di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor UMKM di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI BRS 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com