Advertorial

Unpar Buka Jalur Tes PMDK dan Tawarkan Beasiswa Biaya Awal Kuliah hingga 50 Persen

Kompas.com - 21/09/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung membuka seleksi tanpa tes bagi calon mahasiswa baru tahun akademik (TA) 2023/2024 melalui program penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) atau jalur prestasi. Seleksi ini dibuka mulai 14 September 2021 hingga 11 November 2022.

Menariknya, peserta yang lolos seleksi PMDK juga akan mendapatkan beasiswa hingga 50 persen biaya awal masuk kuliah. Adapun komponen biaya kuliah di Unpar terdiri dari biaya awal, biaya satuan kredit semester (SKS), serta sumbangan solidaritas.

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta favorit, Unpar tidak memungut biaya pendaftaran dalam seleksi PMDK kepada calon mahasiswa.

Para calon mahasiswa yang mendaftar hanya perlu mengikuti ketentuan sesuai yang tercantum di laman pmb.unpar.ac.id. Ketentuan ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di Unpar.

Adapun program seleksi PMDK Unpar TA 2023/2024 dilakukan secara online. Calon mahasiswa yang ingin mengikuti program tersebut harus mengisi formulir yang tersedia di lamanpmb.unpar.ac.id.

Seleksi tersebut terbuka bagi siswa dan siswi kelas XII sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), serta jenjang pendidikan lain yang sederajat di seluruh Indonesia pada TA 2022/2023.

Jika pada jalur seleksi lain peserta bisa memilih sampai tiga pilihan program studi (prodi), pada seleksi PMDK, peserta hanya dapat memilih satu prodi yang paling diminati dari 17 prodi yang tersedia di Unpar. Selain itu, pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali.

Peserta juga wajib memenuhi persyaratan nilai rapor, yaitu nilai teori dan praktik mata pelajaran di SMA kelas X sampai kelas XI tidak kurang dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya, jika terdapat dua nilai wajib dan peminatan dalam satu mata pelajaran, hanya nilai mata pelajaran wajib yang diinput.

Syarat dan kelengkapan berkas seleksi PMDK Unpar 2023/2024

Beberapa prodi di Unpar Bandung memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Berikut adalah persyaratannya.

  • Prodi Arsitektur. Calon mahasiswa yang ingin masuk prodi ini harus mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.
  • Prodi Teknik Kimia. Calon mahasiswa harus menyertakan keterangan tidak buta warna. Hal ini dibuktikan dengan mengunggah Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata.
  • Prodi Ilmu Hubungan Internasional. Calon mahasiswa harus menulis uraian, motivasi, atau testimoni dalam bahasa Inggris.

Selain syarat khusus pada prodi tertentu, mahasiswa juga harus memenuhi kelengkapan berkas untuk dapat mengikuti seleksi PMDK Unpar 2023/2024. Berikut adalah kelengkapan berkas yang harus dilengkapi dan diunggah.

  • Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI semester 1 dan semester 2 yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah. Legalisasi rapor yang diunggah harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta.
  • Surat keterangan jurusan SMA (rekomendasi sekolah) yang menyatakan siswa bersangkutan adalah benar siswa SMA kelas XII pada TA 2021/2022. Surat ini juga menyatakan jurusan SMA yang bersangkutan.
  • Khusus siswa lulusan sekolah internasional, wajib memiliki penyetaraan ijazah (setara SMA) saat daftar ulang.
  • Untuk siswa yang berijazah paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang wajib menyerahkan legalisasi ijazah beserta fotokopi rapor kelas X sampai kelas XII.
  • Uraian atau motivasi (motivation letter)“Mengapa saya memilih Unpar” dan alasan ingin studi pada prodi yang dipilih. Uraian ini ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Khusus pilihan Prodi Ilmu Hubungan Internasional, motivation letter ditulis dalam bahasa Inggris.
  • Surat keterangan Tidak Buta Warna dari dokter spesialis mata bagi siswa yang melamar ke Prodi Teknik Kimia.
  • Khusus pelamar Prodi Arsitektur, hasil gambar dan paper harus sesuai ketentuan yang diberikan.

Program baru Unpar

Saat ini, Unpar memiliki delapan prodi peminatan baru untuk para calon mahasiswa. Prodi ini dikembangkan guna mendekatkan kurikulum dengan kebutuhan nyata di industri yang serbacepat.

Adapun prodi baru tersebut adalah Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Integrated Arts, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga dan Kewirausahaan.

Untuk informasi mengenai seleksi PMDK Unpar TA 2023/2024 dan prodi peminatan baru, Anda bisa klik laman pmb.unpar.ac.id.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi layanan informasi PMB Unpar dengan mengirimkan pesan pada email admisi@unpar.ac.id atau menelepon di nomor (022) 2032655. Ikuti pula akun Instagram @unparofficial serta Line @unpar untuk informasi terbaru seputar PMB Unpar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com