Advertorial

Pertama di Indonesia, Hisense Hadirkan Televisi Android Berteknologi 8K

Kompas.com - 22/09/2022, 13:43 WIB

KOMPAS.com – Kehadiran televisi (TV) dengan sistem operasi Android atau Android TV yang menjamur kian memikat konsumen. Hal ini karena Android TV menawarkan kemudahan akses layanan siaran TV sekaligus fitur yang canggih.

Berdasarkan data dari Business Research Insights, nilai pasar Android TV mencapai 4,13 juta dollar AS pada 2020. Angka tersebut diproyeksikan tumbuh sebesar 363,68 persen atau menjadi 19,51 juta dollar AS pada 2027.

Merespons hal tersebut, perusahaan elektronik Hisense menghadirkan produk Android TV terbaru, yakni Hisense Ultra Light Emitting Diodes (ULED) U80H 8K Mini Light Emitting Diodes (LED). Produk ini pun menjadi Android TV berteknologi 8K pertama di Indonesia.

“Sebagai produsen TV kelas dunia, Hisense mengusung konsep desain (U80H) berdasarkan sudut pandang konsumen, berteknologi mutakhir, dan dijamin berkualitas prima,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Hisense Li Xian Wei dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut, Li Xian memaparkan keunggulan Android TV keluaran Hisense. Ia mengatakan, seri U80H menjalankan sistem operasi Android yang terkoneksi dengan aplikasi video-on-demand. Produk ini juga dapat mengakses siaran TV digital sekaligus menjalankan beragam aplikasi hiburan dan game.

Dari segi akses aplikasi, Hisense ULED seri U80H 8K memiliki cakupan yang lebih luas ketimbang TV biasa. Hal ini lantaran TV tersebut terhubung ke layanan Google Play Store. Dengan demikian, pengguna bisa mengunduh dan memperbarui beragam aplikasi dan game yang terdapat pada toko aplikasi tersebut.

Untuk memudahkan akses pengguna, Hisense melengkapi Android TV keluarannya dengan asisten virtual Google Assistant. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan TV hanya dengan perintah suara.

Saat menonton, seperti streaming video lewat Netflix, Amazon Prime, dan Disney+ Hotstar, Android TV tersebut mampu memberikan pengalaman yang berbeda ketimbang TV seri lain.

Pasalnya, layar U80H dibekali dengan sejumlah teknologi terbaru dan canggih, salah satunya adalah teknologi 8K yang dapat menyuguhkan kualitas gambar yang memukau.

Teknologi tersebut didukung oleh Hi-View Engine Pro 8K yang menampilkan bentang warna quantum dot dan mereproduksi lebih dari satu miliar nuansa warna sehingga menghasilkan beragam spektrum warna.

“Teknologi quantum dot menghasilkan output gambar yang jauh lebih nyata daripada TV Mini LED konvensional lainnya,” jelas Li Xian Wei.

Untuk menambah ketajaman layar, seri U80H juga dilengkapi dengan fitur Full Array Local Dimming Pro. Fitur ini membantu menghadirkan warna hitam yang lebih pekat. Fitur ini juga dapat menampilkan kontras warna yang lebih baik melalui penerapan lebih dari 100 dimming zone individual pada seluruh permukaan layar. Terdapat pula Dolby Vision high dynamic range (HDR).

Seluruh kecanggihan teknologi yang tersemat pada layar tersebut semakin lengkap dengan mode low blue light atau cahaya biru rendah. Mode ini dirancang untuk membantu mengurangi kelelahan mata sekaligus memberikan kenyamanan saat menonton dalam waktu lama.

Sebagai informasi, mode low blue light pada Hisense ULED U80H telah lolos uji dan sertifikasi oleh salah satu organisasi pengujian dan sertifikasi ternama di tingkat global, TUV Rheinland.

Hisense juga membekali U80H dengan fitur Sports Mode yang menyasar penggemar olahraga. Fitur ini mampu mengurangi jumlah blur sehingga pengalaman menonton pertandingan olahraga dapat dinikmati secara menyenangkan lewat gambar yang jernih pada layar. Fitur ini akan sangat mendukung kala menonton siaran sepak bola FIFA World Cup di Qatar pada Desember 2022.

Sementara untuk penggemar game, U80H bisa memberikan pengalaman baru saat bermain lewat fitur Game Mode Pro yang dilengkapi dengan variable refresh rate (VRR) dan auto low latency mode. Teknologi ini memungkinkan pengguna mengaktifkan Game Mode secara otomatis.

Selain layarnya yang sedap dipandang, Hisense seri U80H juga dilengkapi dengan kualitas audio yang empuk didengar telinga. Pasalnya, Android TV tersebut memiliki audio berkualitas dengan fitur Dolby Atmos dan modul kontrol suara dari jarak jauh hingga 5 meter.

Itulah kelengkapan dan kecanggihan fitur yang dihadirkan oleh Hisense U80H ULED. Berdasarkan keunggulan tersebut, tidak ada salahnya memasukkan produk ini sebagai pertimbangan saat membeli Android TV.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com