Advertorial

Lakukan Pendampingan UMKM, BRI Kolaborasi dengan Smesco Indonesia Hadirkan Growpreneur

Kompas.com - 22/09/2022, 18:24 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bekerja sama dengan Smesco Indonesia menghadirkan Growpreneur pada Kamis (15/9/2022).

Adapun Growpreneur merupakan salah satu rangkaian Road to BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, yakni program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

Lewat Growpreneur, BRI menghadirkan berbagai program, baik reguler, komunitas, maupun mini-inkubasi.

Program Growpreneur sendiri diresmikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki.

Teten mengatakan, berbagai aktivitas pemberdayaan dapat dimanfaatkan oleh UMKM anggota Growpreneur, seperti speed dating antara penjual dan pembeli, diskusi panel, networking and strategic partnership, local brand showcase, creative corner, mentoring, serta business matching.

“Program Growpreneur dapat membuka peluang baru bagi pertumbuhan UMKM Indonesia. Hal ini sesuai dengan misi Growpreneur, yakni menginspirasi, berinovasi, serta menghubungkan jaringan antara UMKM, ekosistem kewirausahaan, industri kreatif, dan infrastruktur digital yang adaptif,” jelas Teten dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Senada dengan Teten, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budiharto juga mengatakan bahwa UMKM diharapkan mampu memiliki resiliensi dan akselerasi terhadap pengadopsian teknologi digital, terlebih di masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Melalui Growpreneur, BRI menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi UMKM saat ini. Hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas dan kualitas produk-produk UMKM,” ujar Catur.

Catur berharap, program-program pemberdayaan dan edukasi UMKM, seperti Growpreneur, dapat dilakukan secara berkesinambungan. Dengan demikian, BRI dapat mendorong UMKM untuk naik kelas sekaligus membangkitkan perekonomian Indonesia.

Sebagai informasi, program Growpreneur mengusung tema “Ruang Tanpa Sekat”. Tema ini dipilih karena sebanyak 65 persen kelompok difabel masih kesulitan mendapatkan pendampingan untuk usaha atau bisnisnya.

Adapun Growpreneur juga merupakan salah satu bentuk komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation.

Oleh sebab itu, Growpreneur menggandeng tujuh UMKM kolaborator dalam acara tersebut. Ketujuh UMKM itu adalah Cute Monster, Kopi Tuli, Precious One, The Able Art, Karta Disabilitas (Ka-Ta), Dignityku, dan aplikasi teman tuli, Hear Me.

Untuk diketahui, melalui program Growpreneur, UMKM dapat memanfaatkan berbagai layanan. Salah satunya adalah layanan perbankan BRI Coworking Space. Layanan ini dapat digunakan sebagai tempat bekerja atau meeting point UMKM.

Kemudian, UMKM juga bisa memanfaatkan Brilianpreneur Corner sebagai pusat informasi signature event BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Melalui berbagai fasilitas tersebut, UMKM diharapkan bisa berkolaborasi sehingga mampu menciptakan nilai serta inovasi yang tepat guna dan tepat sasaran agar dapat naik kelas.

Ke depan, program Growpreneur akan menyasar UMKM binaan Smesco Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM, serta UMKM binaan BRI, khususnya alumnus BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Pengusaha Muda Brilian, dan program lain sebagai member Growpreneur.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com