Advertorial

Hadirkan Program Figur Inspiratif UMKM, BRI Ajak Pelaku Usaha Semakin Bertumbuh

Kompas.com - 23/09/2022, 14:42 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan program Figur Inspiratif Lokal (FIL) sebagai wujud komitmen dalam mendorong inklusi dan literasi keuangan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Tanah Air.

Program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dan sosial sebagai bagian upaya akselerasi pemulihan ekonomi. Upaya ini diwujudkan melalui pemberdayaan UMKM, khususnya sosok inspiratif.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa FIL merupakan program pemberdayaan sebagai bentuk apresiasi kepada figur inspiratif lokal.

“Mereka dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku usaha atau UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Ke depan, Supari berharap, para figur inspiratif yang kompeten tersebut dapat menjadi partner bagi Mantri BRI-sebutan bagi tenaga pemasar mikro BRI-untuk turut serta dalam akuisisi ekosistem bisnis perseroan.

Saat ini, terdapat 27.086 Mantri BRI yang tersebar di lebih dari 77.327 desa atau kelurahan di seluruh Indonesia.

Pengrajin tembikar yang merupakan salah satu UMKM binaan BRI. 

Dok. BRI Pengrajin tembikar yang merupakan salah satu UMKM binaan BRI.

BRI sendiri telah melaksanakan program FIL sejak 2021. Salah satu kegiatan yang terdapat pada program ini adalah bimbingan teknis (bimtek) oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Kemudian, program dilanjutkan dengan uji kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) level IV, yaitu Pendamping UMKM. Pada 2022, terdapat 600 peserta yang sudah mengikuti bimtek dan telah dinyatakan kompeten.

Peserta program FIL datang dari beragam profesi, di antaranya kepala desa atau pengurus desa, pengurus badan usaha milik desa (BUMDes), ketua atau pengurus kelompok UMKM, tokoh masyarakat, dan agen Ultra Mikro (UMi)

“Kami bangga dengan Figur Inspiratif Lokal yang telah kompeten. Mereka aktif berkolaborasi dengan Mantri BRI, serta telah dipercaya oleh dinas-dinas di kabupaten atau kota untuk memberikan pendampingan kepada UMKM,” kata Supari.

BRI optimistis, program FIL akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini sejalan dengan dampak positif program FIL 2022 bagi UMKM, sekaligus visi serta misi perseroan untuk terus “Memberi Makna Indonesia”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com