Advertorial

PNM Raih Penghargaan The Best SoE in Empowering Ultra-Micro dari Infobank

Kompas.com - 23/09/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meraih penghargaan Infobank The Best State-Owned Enterprise 2022 untuk kategori “The Best SoE in Empowering Ultra-Micro” dengan predikat kinerja “Sangat Bagus” dalam acara Islamic Finance Summit 2022 di Bali, Kamis (22/9/2022).

Adapun acara tersebut mengusung tema "Building Economic Resilience During Uncertainty by Strengthening Halal Industry".

Untuk diketahui, penghargaan tersebut diberikan karena PNM dinilai memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Adapun parameter yang digunakan dalam penghargaan ini adalah hasil rating Biro Riset Infobank dengan kriteria pertumbuhan usaha dan rasio keuangan penting.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM Kindaris. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Infobank dan atas apresiasi yang diberikan kepada PNM.

Kindaris menjelaskan bahwa PNM secara konsisten memberikan tiga modal kepada UMKM, yakni finansial, intelektual, serta sosial.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM Kindaris (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan dari Infobank.DOK. PNM Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM Kindaris (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan dari Infobank.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif. Selanjutnya, modal intelektual diberikan melalui pendampingan, seperti pelatihan serta berbagi informasi dan pengalaman terkait pengembangan usahanya.

Kemudian, modal sosial diberikan melalui fasilitas yang dapat membangun hubungan antarnasabah. Dengan demikian, para nasabah dapat membentuk jaringan usaha kolektif untuk mempercepat pertumbuhan usaha nasabah.

"Penghargaan dari Infobank menjadi pendorong semangat Insan PNM—sebutan bagi karyawan PNM—dalam memberikan yang terbaik untuk UMKM serta memajukan ekonomi kerakyatan melalui tiga modal tersebut,” ujar Kindaris dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Sebagai informasi, hingga Jumat, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 141,61 triliun kepada 12,7 juta nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Saat ini, PNM memiliki 4.186 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 443 kabupaten dan kota, serta 5.640 kecamatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com