Advertorial

Mengenal Biryani, Menu Populer Khas India yang Kaya Cita Rasa Rempah-rempah

Kompas.com - 27/09/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Biryani adalah hidangan berbahan beras yang dimasak dengan rempah-rempah, lalu ditambah dengan sayuran atau daging. Hidangan ini berasal dari negara Asia Selatan, yaitu India dan Pakistan. 

Saat ini, menu tersebut kerap tersedia di beberapa rumah makan yang ada di Indonesia. Namun, jika ditilik lebih dalam, biryani memiliki sejarah yang panjang.

Sebagai informasi, biryani merupakan masakan hasil pencampuran budaya dan tradisi yang berawal dari pedagang Turki, Afghanistan, Persia, dan Arab.

Pada abad ke-18 hingga ke-19, pedagang dari kawasan tersebut singgah di India dan meninggalkan budaya makanan yang khas dengan rasa rempah. Saat itu, bangsa Eropa juga tengah meningkatkan popularitas sayuran, seperti kentang dan tomat di India.

Nama biryani sendiri berasal dari bahasa Persia yang berarti “goreng” atau “panggang”. Kata “goreng” merujuk pada proses memasak beras menggunakan penggorengan yang diberi minyak samin. Selanjutnya, beras direbus bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Umumnya, biryani menggunakan daging kambing sebagai pelengkap. Namun, seiring dengan penyebarannya, biryani juga dihidangkan menggunakan daging sapi, ayam, udang, ikan, atau sayuran.

Dalam pembuatannya, nasi biryani menggunakan berbagai jenis rempah, seperti pala, cengkih, kayu manis, lada, ketumbar, dan safron. Untuk bumbunya, nasi biryani selalu menggunakan garam masala yang juga menjadi ciri khas rasa dan aroma hidangan ini.

Dengan keunikan tersebut, makanan itu menjadi salah satu jenis hidangan yang memicu rasa penasaran banyak orang, termasuk penduduk Tanah Air.

Di Indonesia, biryani dapat dibeli di Accha-Indian Soul Food on The Go. Biryani di sini hadir dengan rasa yang autentik. 

Co-Founder Accha Yohan Andrean Suryadinata mengatakan, biryani Accha memiliki kepekatan rasa rempah yang cocok di lidah orang Indonesia. Selain itu, Accha juga menawarkan bumbu rempah terpisah agar rasa hidangan bisa disesuaikan dengan selera pembeli.

“Biryani bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk disantap jika ingin mencoba makanan khas India. Sebagai pelopor makanan India yang praktis dan mudah untuk dinikmati, Accha juga menawarkan cita rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia,” kata Yohan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/9/2022)

Ada beberapa jenis nasi biryani yang bisa kamu coba di Accha-Indian Soul Food on The Go. Berikut adalah ulasannya. 

  1. 1. Chicken Biryani Bowl
    Hidangan ini cocok bagi kamu yang baru pertama kali mencicipi hidangan India. Dalam semangkuk Chicken Biryani, kamu akan mendapatkan nasi dan lauknya.

Chicken Biryani Bowl menggunakan beras basmati khas India lengkap dengan potongan daging ayam yang dimarinasi dengan bumbu kari spesial. Menu ini cocok untuk kamu yang belum pernah mencoba makanan India. Sebab, Chicken Biryani menggunakan daging ayam yang sudah umum untuk disantap.

Dengan satu suapan menu tersebut, kamu akan diajak ke dalam leburan rasa rempah yang menghangatkan. Supaya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan papadum atau kerupuk khas India dan saus yoghurt. 

  1. 2. Lamb Biryani
    Selain ayam, salah satu lauk yang menjadi ciri khas makanan India adalah daging kambing. Bagi kamu yang ingin mencoba rasa yang lebih autentik dan melekat dengan nasi biryani, menu ini patut kamu coba.

Lamb Biryani menggunakan potongan daging kambing yang empuk dan dimarinasi dengan bumbu kari. Untuk menambah kenikmatannya, daging kambing ini disusun di atas nasi hangat, lalu diberikan bawang bombai goreng dan daun ketumbar. 

  1. Vegetable Biryani

Jika tidak terlalu menyukai daging, kamu tetap bisa mencoba biryani khas India dengan memilih Vegetable Biryani. Menu ini menjadi salah satu hidangan yang terkenal karena memberikan opsi yang berbeda dari biasanya.

Jika biasanya biryani yang dicampurkan dengan kentang, kini ada berbagai pilihan sayur yang bisa kamu pilih, seperti buncis, wortel, dan kembang kol dimasak hingga empuk. 

Untuk menambah kenikmatan, Vegetable Biryani disajikan dengan paneer atau keju lembut khas India yang bisa menambah cita rasa dan membuat menu yang satu ini semakin enak.

Selain menawarkan ketiga menu biryani di atas, Accha juga menyediakan dua menu biryani lainnya, yaitu Chicken Kofta Biryani dan Biryani ChaChi Rice Box.

Sebagai informasi, chicken kofta adalah bakso ayam khas India. Seperti namanya, Chicken Kofta Biryani merupakan hidangan yang berisi nasi basmati yang sudah dimasak dengan rempah-rempah dan dipadukan dengan chicken kofta

Sementara itu, Biryani ChaChi Rice Box merupakan hasil kolaborasi Accha dengan Moon Chicken by Hangry.

Hidangan tersebut menawarkan biryani andalan Accha yang disajikan dengan potongan ayam goreng seukuran satu gigitan yang garing dan empuk dari Moon Chicken by Hangry. Menu ini dihidangkan dengan telur ceplok dan sambal bawang.

Semua menu biryani ini dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp 39.900 dengan dua pilihan ukuran, yaitu Pas! dan Dan Kenyang Banget!.

Tertarik mencoba? Kamu bisa kunjungi 19 outlet Accha yang terletak di Cikini (Jakarta Pusat), Cipinang dan Cibubur (Jakarta Timur), Fatmawati, Setia Budi Timur, Tebet, dan Pelaspas Nipah (Jakarta Selatan), Citra 2, Grogol, dan Kebon Jeruk (Jakarta Barat), serta Kelapa Gading, Pluit, dan Pademangan (Jakarta Utara).

Outlet Accha juga hadir di luar Jakarta, seperti di Pondok Aren dan BSD (Tangerang Selatan), Gading Serpong, (Tangerang), Margonda (Depok), Grand Galaxy (Bekasi), serta Cicendo (Bandung).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com