Advertorial

Dirut Taspen Raih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan

Kompas.com - 30/09/2022, 11:42 WIB

KOMPAS.com – Direktur Utama (Dirut) PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen, ANS Kosasih, berhasil meraih penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan pada kategori Korporasi Perbankan dan Lembaga Keuangan dalam ajang Rakyat Merdeka Award 2022.

Penghargaan diberikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Rakyat Merdeka (RM) Group Kiki Iswara Darmayana kepada Kosasih di Bali Room, Kempinski Hotel, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Penghargaan tersebut membuktikan bahwa Taspen berkomitmen dalam memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengakses layanan. Perseroan juga terus berinovasi di tengah perkembangan teknologi.

Kosasih mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi bentuk apresiasi tertinggi kepada seluruh Insan Taspen-sebutan karyawan Taspen- atas dukungan dan kontribusinya selama ini dalam menciptakan beragam inovasi layanan digital.

“Kami percaya bahwa kualitas prima dan seluruh inovasi layanan Taspen dibangun untuk memudahkan peserta mengakses layanan yang optimal sekaligus sebagai apresiasi kepada aparatur sipil negara (ASN) serta pensiunan yang telah mengabdi kepada negara,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Keberhasilan tersebut, lanjut Kosasih, tidak terlepas dari dukungan penuh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kepada Taspen untuk tetap berinovasi di tengah pandemi Covid-19 dan tuntutan digitalisasi yang dibutuhkan masyarakat luas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Rakyat Merdeka atas penghargaan yang diberikan kepada Taspen. Kami persembahkan penghargaan tersebut untuk seluruh Insan Taspen yang senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh peserta kami dan bagi pembangunan perekonomian Indonesia,” kata Kosasih.

Adapun penghargaan tersebut berhasil diraih Taspen berkat program Taspen Pesona dan Wirausaha Pintar.

Taspen Pesona telah memberikan kemudahan akses layanan bagi ratusan ASN. Sementara, program Wirausaha Pintar yang telah terbukti dapat mendongkrak kesejahteraan ASN dan pensiunan ASN.

Sebagai informasi, hingga September 2022, tercatat sebanyak 45.004 peserta telah menggunakan layanan Taspen Care untuk pengurusan seluruh layanan Taspen. Selain itu, sebanyak 257.118 klaim peserta telah berhasil diselesaikan secara digital melalui layanan e-Klaim.

Taspen juga telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 82.852 ASN. Sebagian besar ASN itu pun telah memulai bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dari jumlah tersebut, terdapat 1.505 UMKM yang mampu melaksanakan bisnis secara berkelanjutan dan menghasilkan laba pada 2022. Capaian ini jauh melampaui target yang ditetapkan oleh stakeholders Taspen.

“Melalui program Wirausaha Pintar, puluhan ribu dari pensiunan sudah dapat kami arahkan untuk menjadi wirausaha. Setelah ini, kami bisa segera meluncurkan program perumahan terjangkau untuk ASN dan juga pensiunan ASN,” kata Kosasih.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan komitmen Taspen untuk terus konsisten, tanggap, dan proaktif dalam memberikan pelayanan, serta menjunjung keandalan layanan bagi seluruh peserta.

Pada kesempatan sama, Kiki turut memberikan selamat kepada Kosasih atas penghargaan yang diterima tersebut. Ia mengatakan bahwa pada masa pandemi Covid-19, sejumlah tokoh perbankan berupaya menciptakan program-program terbaik untuk menjaga kondisi ekonomi.

“Sejumlah perusahaan perbankan dan teknologi turut menolong usaha rakyat melalui bantuan pendanaan, pelatihan digitalisasi, dan pemberian bimbingan sampai (mereka) mandiri. Tidak hanya di perkotaan, tetapi (bantuan juga diberikan) hingga ke pelosok daerah. Itu semua telah dilakukan Taspen sehingga layak meraih penghargaan,” ujarnya.

Sebagai informasi, selama masa pandemi Covid-19, Taspen telah memberlakukan kebijakan agar peserta tidak perlu lagi datang ke kantor cabang untuk mengurus administrasi.

Bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Taspen menerapkan layanan one stop services di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di 39 lokasi yang tersebar di berbagai provinsi Indonesia.

Taspen juga menerapkan digital autentikasi sehingga peserta melakukannya melalui smartphone. Fitur ini juga memungkinkan peserta mengambil hak pensiun langsung melalui berbagai service points dari institusi perbankan dan PT Pos Indonesia yang merupakan mitra Taspen. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan serta memudahkan dalam hal pembayaran pensiun bagi para peserta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com