Advertorial

Kembali Digelar, Menhub Resmi Buka IEMS 2022

Kompas.com - 30/09/2022, 18:34 WIB

KOMPAS.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi membuka gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Peresmian itu turut dihadiri Profesor Riset dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sekaligus inisiator IEMS 2022 Eniya Listiani Dewi, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito, dan Staf Khusus Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sripeni Cahyani.

Dalam sambutannya, Budi mengapresiasi BRIN dan pabrikan kendaraan bermotor karena telah menyelenggarakan IEMS untuk kali ketiga.

“Saya mengapresiasi para peneliti dan pabrikan yang secara aktif telah mengadakan acara ini. (Dengan penyelenggaraan IEMS 2022), artinya kita sudah maju pada tahapan electric vehicle,” kata Budi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

IEMS 2022 mengusung tema ?Strengthening Autonomous Ecosystem? yang dibalut dalam bentuk pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik. Dok. BRIN IEMS 2022 mengusung tema ?Strengthening Autonomous Ecosystem? yang dibalut dalam bentuk pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik.

Sebagai informasi, IEMS 2022 mengusung tema “Strengthening Autonomous Ecosystem yang dibalut dalam bentuk pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik. Pameran ini menampilkan berbagai inovasi teknologi kendaraan bermotor listrik, seperti kendaraan roda dua dan roda empat, charging station, baterai kendaraan listrik, serta industri pendukung lainnya.

Dengan beragam inovasi yang dipamerkan, IEMS 2022 mampu merepresentasikan pencapaian industri otomotif nasional saat ini dan mendorong percepatan program kendaraan listrik di Indonesia.

Pengembangan kendaraan listrik

Kepala Riset BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa IEMS 2022 merupakan salah satu dukungan BRIN bersama stakeholders serta produsen kendaraan listrik di Indonesia dalam menginformasikan perkembangan inovasi terbaru kendaraan listrik di Tanah Air.

Selain itu, BRIN juga ingin mengajak berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang autonomous vehicle (AV).

“IEMS 2022 merupakan ajang untuk menyosialisasikan ekosistem kendaraan listrik, termasuk terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi serta sosial kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Handoko. 

Lebih lanjut Handoko menjelaskan bahwa pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom, seperti sistem deteksi obyek atau sensor, sistem telekomunikasi, human-to-vehicle interaction, dan computer vision.

“Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system atau power electronics, platform, dan charging system,” jelas dia.

IEMS 2022 didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Dok. BRIN IEMS 2022 didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Pameran dari 50 perusahaan

IEMS 2022 juga menjadi ajang untuk memperluas jaringan dengan periset Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Kementerian ESDM dan para pengambil keputusan. Para ahli yang hadir juga saling berbagi ilmu dan pengetahuan melalui seminar dan talk show.

Peserta dapat mengenal dan mempelajari masalah yang berkaitan dengan kendaraan listrik, seperti penyimpanan energi dalam baterai dan pengolahan limbah, konversi kendaraan bensin menjadi listrik, pengembangan produk nondarat, serta produk berbasis teknologi hijau lain.

Dengan keterlibatan berbagai pihak, IEMS 2022 menjadi tempat terbaik untuk melihat perkembangan teknologi KBLBB. Hal tersebut akan juga berdampak pada keunikan pertumbuhan ekosistem industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta peran generasi muda dan perempuan.

Sebagai informasi, IEMS 2022 didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). 

Ada 50 peserta pameran yang mengikuti pameran ini, di antaranya PT Gading Putera Samudera (Moderntec), PT Volta Indonesia Semesta, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, PT Qualis Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI), PT SGMW Sales Indonesia (Wuling Motors), PT Indonesia Battery Corporation, PT Davigo Artha Luas, PT Dharma Polimetal Tbk, dan PT Astra Honda Motor.

Selain itu, ada perwakilan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, BASF, PT Exelly Elektrik Indonesia (Evcuzz), PT Artas Rakata Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk, PT Selis Retail Indonesia, PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor), PT EMS Technology, Elbike Garage, PT Industri Kereta Api (Persero), Phylion Battery, Kosmik, Arjuna UGM, Beelli.com (PT Mars Blockchain Teknologi).

Peserta juga datang dari perwakilan SMK 3 Mataram (Nusa Tenggara Barat), Dyvolt Vehicle, PT Omni Cahaya Revolusi, PT Bando Indonesia, PT Tri Energi Berkarya, PT Bambang Djaja, Hongfa Electroacoustic (Hong Kong) Co Ltd, PT Powerindo Prima Perkasa, PT Quantel Indonesia, STP Otomotif ITS.

Ada pula perwakilan dari PT Hioki Electric Instrument, PT International Chemical Industry (ABC Lithium), Garuda Mobility, PT Anugerah Nirmana, PT Senzo Feinmetal (ORBIT), PT Mobilindo Nusa Persada, PT EVCBU Internasional Universal, PT Braja Elektrik Motor, PT Energi Bethari Indonesia, UMG Idealab Indonesia, PT CIMB Niaga Auto Finance, dan Universitas Budi Luhur yang turut hadir sebagai peserta pameran IEMS 2022.

Selain pameran, IESM 2022 juga menjadi wadah transaksi penjualan kendaraan listrik sekaligus meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia.

Anda bisa melakukan registrasi melalui link berikut atau mengunjungi situs web www.electricmotorshow.id untuk informasi lebih lanjut tentang IEMS 2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com