Advertorial

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Makan Korban Jiwa, BRI Sampaikan Belasungkawa

Kompas.com - 02/10/2022, 13:12 WIB

KOMPAS.com – Pertandingan sepak bola antara Arema FC versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022) berakhir tragis.

Sebanyak 127 orang meninggal dalam kerusuhan yang terjadi usai pertandingan yang berjuluk “Derby Jatim” tersebut digelar. Adapun korban insiden terdiri dari suporter dan sejumlah anggota polisi.

Sponsor utama pertandingan yang bernaung di bawah BRI Liga 1 itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, menyampaikan belasungkawa kepada korban insiden tersebut.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BRI sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Karena itu, lanjutnya, BRI mengutuk keras segala bentuk kekerasan, baik dalam pertandingan olahraga maupun kegiatan lainnya.

Aestika melanjutkan, insiden pada derbi tersebut harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Evaluasi secara menyeluruh pun perlu dilakukan, khususnya kepada pihak-pihak terkait, agar tragedi serupa tidak terjadi lagi di masa datang.

“Kami ingin BRI Liga 1 yang menjadi liga sepak bola kasta tertinggi Tanah Air ini dapat terselenggara dengan baik dan menjunjung tinggi sportivitas dari semua pihak. Kami berharap, sepak bola dapat terus menjadi olahraga pemersatu bangsa,” tutur Aestika dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (2/10/2022).

Ia menambahkan bahwa partisipasi BRI terhadap BRI Liga 1 adalah bentuk dukungan untuk kemajuan sepak bola nasional sekaligus mendorong geliat perekonomian di tengah kondisi yang masih menantang akibat pandemi Covid-19.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com