Advertorial

Pasti Seru, Jakarta Tabletop Expo Kembali Digelar

Kompas.com - 04/10/2022, 14:59 WIB

KOMPAS.com – Generasi 90-an tentu tak asing dengan permainan ular tangga, monopoli, dan kartu Pokemon. Permainan tersebut adalah jenis game nondigital yang bisa dimainkan di atas meja atau biasa disebut sebagai tabletop games.

Sebelum teknologi secanggih sekarang, permainan tersebut merupakan favorit anak-anak untuk menghabiskan waktu luang.

Untuk diketahui, ular tangga dan monopoli adalah permainan papan yang dapat dimainkan dua orang atau lebih. Adapun papan permainan ular tangga terbagi dalam beberapa kotak-kotak kecil dan sepasang dadu.

Pada beberapa bagian kotak, terdapat gambar ular dan tangga yang terhubung dengan kotak lain. Setiap pemain akan melempar dadu secara bergiliran dan menggerakkan bidak masing-masing.

Sementara, papan monopoli terdiri dari berbagai kotak yang terdiri dari nama-nama kota dan negara. Saat bermain monopoli, pemain seolah-olah diajak berkeliling ke luar negeri saat memainkan bidak miliknya.

Mirip dengan ular tangga, setiap pemain monopoli juga melemparkan dadu secara bergiliran. Perbedaannya, pemain monopoli dapat membeli properti, seperti rumah dan hotel, dengan uang palsu sebagai alat pembayaran.

Seiring perkembangan teknologi dan desain, jenis tabletop games semakin beragam. Industri permainan anak itu pun semakin menggeliat di Indonesia.

Direktur PT Animart Hobi Kreatif Frans Setiadi mengatakan, industri mainan anak saat ini semakin berkembang.

“Trading Card Game (TCG) bergantung pada event karena para pemain game tersebut kini memiliki tren untuk berkumpul dan bersosialisasi. Pada pertemuan tersebut, mereka dapat melakukan trading kartu dan mendapat kartu yang mereka mau. Sebab itu, event tersebut mendorong pelaku industri permainan membuat dek-dek baru,” ujar Frans dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Oleh karena itu, lanjut Frans, Jakarta Tabletop Expo (JTE) hadir sebagai wadah yang mempertemukan dan menyatukan pemain, komunitas, kreator, publisher, dan distributor tabletop games seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, JTE 2022 digelar di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel), mulai Sabtu (1/10/2022) hingga Minggu (2/10/2022).

Pada kesempatan sama, Ketua Penyelenggara JTE 2022 Cherlie Andriani mengatakan bahwa gelaran tersebut menghadirkan 40 jenis tabletop games yang dapat dimainkan bersama. Ada pula peluncuran Vanguard versi Bahasa Indonesia.

Pengunjung JTE 2022 pun antusias karena dapat bermain bersama kerabat ataupun anggota keluarga.

“Bersatunya berbagai pihak pada acara JTE 2022 membuka peluang kolaborasi baru. Kami yakin seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam industri tabletop games di Indonesia sedang bergerak bersama untuk menjadi lebih kuat,” kata Cherlie.

Bila ingin mencoba lebih dari 200 tabletop games, bermain karakter dalam tabletop role playing game, atau mendapat tabletop game favorit dengan harga terjangkau, nantikan gelaran JTE 2022 berikutnya di Taman Anggrek Mall, Jakarta Barat (Jakbar), mulai 11-13 November 2022.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi media sosial (medsos) Instagram @jakartatabletopexpo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com