Advertorial

Unpar Tawarkan Beasiswa Pacupasca Kuliah S2 dan S3, Berikut Syaratnya

Kompas.com - 04/10/2022, 20:43 WIB

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Jawa Barat (Jabar), menawarkan Beasiswa Pacupasca kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada program magister (S2) dan doktor (S3). Dalam program itu, Unpar menawarkan 4 jalur beasiswa yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/10/202), pihak Unpar menjelaskan bahwa keempat beasiswa tersebut diberikan demi mendorong peningkatan pembelajaran dan penelitian. Beasiswa tersebut juga hadir untuk memfasilitasi calon mahasiswa yang mempunyai keterbatasan dalam pemenuhan biaya studi. Adapun, pendaftaran Beasiswa Pacupasca dibuka hingga Rabu (24/11/2022).

Untuk jenjang S2, program studi (prodi) yang dapat dipilih pada program beasiswa tersebut, yaitu Prodi Manajemen, Hukum, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Industri, Hubungan Internasional, dan Administrasi Bisnis.

Sementara itu, pada jenjang S3, program studi yang bisa dipilih adalah Prodi Hukum, Ekonomi, Teknik Sipil, dan Arsitektur.

Untuk mengikuti program beasiswa, mahasiswa harus memenuhi skema Beasiswa Pacupasca yang telah dirancang oleh Unpar. Pertama, melakukan pembebasan biaya registrasi atau uang kuliah pokok awal. Kedua, melakukan pembebasan biaya hingga 50 persen untuk uang kuliah pokok semester pada semester 2 hingga semester 4. Ketiga, pembebasan seluruh biaya satuan kredit semester (SKS).

Adapun 4 jalur beasiswa yang ditawarkan Unpar melalui Beasiswa Pacupasca, yaitu Beasiswa Pacupasca Alumni, Beasiswa Pacupasca Program Studi, Beasiswa Pacupasca Lanjut, dan Beasiswa Pacupasca Mitra. Berikut ulasannya.

  1. Beasiswa Pacupasca Alumni

Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa lulusan Unpar. Untuk mengikuti program beasiswa ini, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti mengirimkan sertifikat Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) dengan skor minimal 500 dan memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) dengan nilai minimal 3,00.

Selain itu, masa studi mahasiswa di jenjang sarjana (S1) setidaknya sudah sampai 8 semester dengan waktu kelulusan tidak lebih dari 2 semester ketika diterima sebagai mahasiswa di program magister. Calon mahasiswa juga harus mengikuti seleksi wawancara dan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari pihak lain.

  1. Beasiswa Pacupasca Program Studi

Program beasiswa ini diberikan kepada para profesional yang telah memiliki pengalaman kerja dan ingin melanjutkan studi jenjang S2 dan S3. Syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 serta dengan hasil IPK minimal 3,25 bagi calon peserta orogram magister dan IPK minimal 3,50 bagi calon peserta program doktor.

Selain syarat tersebut, calon penerima beasiswa juga harus memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun, lolos seleksi wawancara, dan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari pihak lain.

  1. Beasiswa Pacupasca Lanjut

Program beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan dalam hal pemenuhan kebutuhan biaya studi untuk menempuh pendidikan S2 dan S3. Adapun syarat untuk mengikuti program beasiswa ini adalah memiliki hasil IPK minimal 3,25 bagi calon peserta program magister dan IPK minimal 3,50 bagi calon peserta program doktor.

Calon penerima juga harus tercatat sebagai mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan di semester 2 hingga semester 4 pada jenjang S2 atau mahasiswa aktif yang sedang menempuh semester 2 sampai semester 6 pada jenjang S3.

Selain itu, mahasiswa juga harus melengkapi beberapa syarat administrasi, seperti memiliki surat rekomendasi dari kepala program studi (kaprodi) terkait. Mahasiswa juga harus lolos dalam seleksi wawancara dan tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari pihak lain.

  1. Beasiswa Pacupasca Mitra

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi tenaga ahli, dosen tetap, dan pegawai tetap di lingkup kerja sama antar lembaga yang memiliki keunggulan di bidang akademik. Mahasiswa tersebut memiliki peluang untuk untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 dan S3 melalui program Beasiswa Pacupasca Mitra.

Syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki skor TOEFL minimal 500 dan nilai IPK minimal 3,25 bagi calon peserta program magister, serta IPK minimal 3,50 bagi calon peserta program doktor.

Mahasiswa juga harus mendapatkan rekomendasi dari pimpinan instansi tempat bekerja untuk melanjutkan studi. Adapun instansi tempat bekerja harus yang memiliki kerja sama dengan Unpar berdasarkan nota kesepakatan. Selain itu, mahasiswa tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari pihak lain.

Jika merasa memenuhi syarat dari salah satu beasiswa tersebut, mahasiswa dapat mencari informasi terkait program Beasiswa Pacupasca melalui laman pmbpasca.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB UNPAR dengan mengirimkan pesan ke e-mail admisi@unpar.ac.id.

Informasi lebih lanjut juga bisa didapatkan melalui sambungan telepon ke nomor (022) 2032655 atau melalui akun Instagram @unparofficial dan resmi Line @unpar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com