Advertorial

Bupati Tanah Bumbu Nyatakan Siap Jadi Presiden Anak Yatim Indonesia

Kompas.com - 08/10/2022, 13:09 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), Zairullah Azhar menyatakan kesiapannya menjadi “Presiden Anak Yatim Indonesia”.

Untuk diketahui, sebutan Presiden Anak Yatim Indonesia disematkan kepada seseorang yang menjabat Ketua Umum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA).

Adapun kesiapan tersebut Zairullah utarakan pada acara Musyawarah Nasional (Munas) II LKSA-PSAA di Banjarmasin, Kalsel, Jumat (7/10/2022). Acara ini dihadiri 600 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Tak hanya berbekal dukungan berbagai pihak, kesiapan Zairullah sebagai calon Presiden Anak Yatim Indonesia juga didasari oleh pengalamannya sebagai pendiri Istana Anak Yatim Kalsel yang telah menampung ribuan anak yatim dari berbagai daerah di Indonesia.

"Saya memang sudah berkomitmen dan mewakafkan diri karena Allah memberikan kesempatan untuk mengurus anak yatim," ujar Zairullah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (8/10/2022).

Zairullah mengaku, keputusannya mengajukan diri sebagai calon Presiden Anak Yatim Indonesia juga berasal dari pesan sang ibunda.

"Ibu saya dulu adalah guru mengaji. Waktu saya masih SD, beliau berpesan kepada saya, ‘Nanti kalau sudah ada rejeki, hiduplah sama anak yatim’. Itu pesan beliau," ucapnya.

Mengingat jumlah anak yatim cukup tinggi, yakni sebanyak 4 juta jiwa, Zairullah menyebut, kesejahteraan mereka harus menjadi prioritas dalam program pemerintah, baik di pusat maupun di daerah.

"Ke depan, pengelolaan anak yatim harus menjadi program pemerintah. Sebab, ada beberapa daerah yang masih kurang memperhatikan anak yatim," lanjutnya.

Kendati optimistis dalam pemilihan Ketua Umum LKSA-PSAA mendatang, ia tetap meminta doa serta dukungan masyarakat agar dirinya mampu menjalankan amanah sebaik mungkin.

"Insyaallah, mohon doanya ya," tutur Zairullah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com