Advertorial

Prabowo Dampingi Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Istana Merdeka

Kompas.com - 08/10/2022, 17:51 WIB

KOMPAS.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Adapun sebelum pelaksanaan upacara, baik Prabowo maupun Jokowi juga menghadiri kegiatan syukuran HUT ke-77 TNI yang diadakan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Pada kegiatan tersebut, Prabowo mengatakan, dirinya memiliki komitmen besar untuk menyejahterakan seluruh prajurit TNI.

Namun, upaya tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi dunia yang saat ini tengah dilanda krisis, termasuk Indonesia.

“Kita sedang menghadapi krisis. Banyak yang memprediksi bahwa krisis di seluruh dunia bisa lebih parah ke depan. Mereka sebut the perfect storm atau badai akan datang. Jadi, kita harus siap,” ucap Prabowo seperti dikutip dari laman indonesiadefense.com, Rabu.

Prabowo pun meminta kepada setiap personel TNI untuk mensyukuri kondisi yang terjadi saat ini.

“Kita harus bersyukur karena Tuhan yang Maha Kuasa masih memberi kita banyak sumber-sumber alam. Tak hanya itu, curah hujan di Indonesia juga masih bagus,” terang Prabowo.

Presiden apresiasi TNI

Saat memimpin upacara, Jokowi menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi kinerja yang diberikan oleh TNI terhadap negara.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI. Mereka (TNI) terus menjaga kedaulatan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia,” ujar Jokowi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, Kepala Negara pun menyampaikan selamat ulang tahun ke-77 kepada TNI di mana pun mereka berada dan bertugas.

Sebagai informasi, peringatan HUT Ke-77 TNI juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting negara.

Tokoh tersebut antara lain adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Jokowi dan Prabowo pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI.Dok, Kementerian Pertahanan Jokowi dan Prabowo pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI.

Kemudian, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Wiranto.

Selain itu, turut hadir Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian.

Hadirkan atraksi

Selain upacara, peringatan HUT Ke-77 TNI juga dimeriahkan oleh berbagai rangkaian acara. Salah satunya, atraksi flypass pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang dikendarai oleh sejumlah personel TNI Angkatan Udara (AU) dengan dipimpin oleh Flight Leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudhistira.

Kemeriahan berlanjut dengan atraksi helikopter Trimatra Flight yang membawa bendera merah putih ukuran 20x30 meter. Selain itu, ada juga atraksi akrobatik dari pasukan TNI AU, Jupiter.

Usai menyaksikan rangkaian atraksi di udara, Presiden langsung melakukan konferensi video dengan sejumlah prajurit TNI yang bertugas di perbatasan, seperti di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong (Kalimantan Utara), Sangihe-Talaud (Sulawesi Utara), perbatasan RI-Papua Nugini, serta perbatasan RI dan Timor Leste di Nusa Tenggara Timur.

iring-iringan defile pada perayaan HUT Ke-77 TNI.Dok. Kementerian Pertahanan iring-iringan defile pada perayaan HUT Ke-77 TNI.

Setelah itu, Jokowi pun langsung meninjau berbagai kendaraan tempur yang dipamerkan di depan Istana. Kemudian, ia kembali ke mimbar upacara dan menerima defile pasukan serta alat utama sistem senjata (alutsista).

Adapun iring-iringan defile bergerak dari depan Istana menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sesampai di Bundaran HI, defile berhenti sejenak agar masyarakat dapat menyaksikan alutsista terbaru dari TNI tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com