Advertorial

Terpilih Jadi “Presiden Anak Yatim Indonesia”, Zairullah Azhar Siapkan Sejumlah Program

Kompas.com - 11/10/2022, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar resmi menjadi "Presiden Anak Yatim Indonesia", sebutan untuk orang yang menjabat Ketua Umum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA).

Ia terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Nasional (Munas) II LKSA-PSAA di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), baru-baru ini.

Usai terpilih, Zairullah langsung menyiapkan sejumlah program kerja untuk pengembangan dan pengelolaan anak yatim. Ia juga akan membenahi roda organisasi LKSA-PSAA.

"(Dengan demikian, LKSA-PSAA) bisa memberikan hasil terhadap kepentingan pembinaan dan pengasuhan anak yatim di seluruh Indonesia," ujar Zairullah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dalam rangka pembenahan organisasi, Zairullah akan membentuk pengurus pada masing-masing provinsi dan kabupaten atau kota di Indonesia. Sebab, menurutnya, tidak semua daerah di Indonesia memiliki koordinator daerah (korda).

"Di Kalsel saja baru ada dua korda, itu pun belum menyentuh semua panti asuhan," tuturnya.

Lebih lanjut Zairullah juga menegaskan akan menghapus penggunaan kata "panti" selama kepengurusannya. Upaya ini bertujuan untuk menghilangkan persepsi negatif terhadap anak-anak yang hidup dan tumbuh di panti asuhan.

"Kami berharap, ke depan tidak ada lagi rasa termarginalkan pada anak yatim walaupun nama pengganti panti belum kami putuskan," tuturnya.

Zairullah pun menjelaskan target kepengurusan LPSA-PSAA 2022-2027, yaitu memikirkan pendidikan yang layak bagi sekitar 4 juta jiwa anak yatim di Indonesia. Tujuannya, agar mereka mampu bersaing menjadi generasi penerus bangsa.

Menurut Zairullah, pendidikan anak yatim tidak boleh hanya sampai pada tingkat sekolah menengah atas (SMA) saja, tetapi harus bisa menjadi sarjana.

"Harapannya, mereka semua bisa kuliah dan menjadi sarjana sehingga semakin mudah masuk ke dunia kerja," tutur Zairullah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com