Advertorial

Bahas Penanganan Masalah Narkotika, BNN Lakukan Kunker ke Portugal

Kompas.com - 12/10/2022, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) Petrus Reinhard Golose melakukan pertemuan bilateral dengan Secretary of State for Health Promotion Margarida Tavares di Portugal, Senin (10/10/2022).

Pada pertemuan tersebut, Reinhard didampingi oleh Deputi Pemberantasan BNN RI, Drs Kenedy SH MM, Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (PLKRM) BNN RI, dr Amrita Devi SpKJ MSi, Direktur Kerja Sama BNN RI Dr R M Aria Teguh Mahendra Wibisono, dan Duta Besar Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso.

Sebagai informasi, pertemuan tersebut merupakan agenda perdana dari kunjungan kerja BNN di Portugal.

Adapun kunjungan BNN ke Portugal bertujuan untuk membahas tata laksana penanganan masalah narkotika, khususnya mengenai rehabilitasi.

Tavares mengatakan, negaranya melakukan dekriminalisasi terhadap pengguna narkotika sebagai bentuk penanggulangan permasalahan heroin dan transmisi human immunodeficiency virus (HIV).

Upaya tersebut dilakukan untuk membenahi masalah kesehatan dan kesejahteraan yang ada di masyarakat.

Tavares sebut dekriminalisasi terhadap pengguna narkotika sebagai bentuk penanggulangan permasalahan narkotika. Dok. BNN Tavares sebut dekriminalisasi terhadap pengguna narkotika sebagai bentuk penanggulangan permasalahan narkotika.

“Lewat dekriminalisasi, kami tidak serta merta membiarkan pelaku bebas dari hukuman penjara, tetapi juga memberikan sanksi atau penalti administrasi. Upaya ini dinilai berhasil dan dibuktikan lewat penurunan angka penyalahgunaan narkotika di Portugal,” ujar Tavares dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Tavares pun mengajak BNN untuk bekerja sama dalam menanggulangi narkotika melalui pendekatan kesehatan.

Selain itu, Tavares juga mengapresiasi hasil kerajinan tangan berupa tas bordir dari sejumlah pelaku penyalahgunaan narkotika binaan BNN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com