Advertorial

Dukung Transisi Green Energy, Pertamina Kenalkan Panel Surya kepada Siswa SMA Balikpapan

Kompas.com - 12/10/2022, 15:43 WIB


KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Gen Z Talent Activation di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (7/10/2022).

Pada acara tersebut, Pertamina memberikan edukasi mengenai transisi energi kepada para siswa. Adapun materi edukasi disampaikan oleh Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) and Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Pertamina Fajriyah Usman.

Pertamina juga memberikan bantuan berupa panel surya kepada pihak sekolah. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian perseroan dalam menyediakan fasilitas sekolah dengan energi alternatif yang ramah lingkungan.

“Program ini merupakan upaya dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai implementasi transisi green energy yang sedang berjalan di Indonesia, khususnya yang dipimpin oleh Pertamina,” kata Fajriyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (12/10/2022).

Selain itu, Fajriyah juga ingin mengenalkan secara langsung salah satu bentuk energi ramah lingkungan kepada siswa, yakni melalui produk panel surya yang diberikan Pertamina.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud peran aktif Pertamina dalam pengembangan program yang berdasarkan pada pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan energi terbarukan,” ucap Fajriyah.

Selain sebagai optimalisasi, Fajriyah menjelaskan bahwa penggunaan energi alternatif yang terbarukan serta pemberian panel surya kepada sekolah juga sejalan dengan komitmen Pertamina dalam menerapkan energi hijau.

Program CSR itu juga dilakukan sebagai upaya Pertamina dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yakni poin 4 (pendidikan) dan 7 (energi bersih dan terjangkau), serta pemenuhan aspek environmental, social, and governance (ESG).

“Pertamina juga membuka akses energi bersih dan terjangkau melalui Program Desa Energi Berdikari. Tujuannya, agar Pertamina bersama masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan energi bersih untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa,” jelas Fajriyah.

Pertamina memberikan panel surya kepada SMAN 5 sebagai upaya memperkenalkan energi alternatif yang ramah lingkungan. Dok. Pertamina Pertamina memberikan panel surya kepada SMAN 5 sebagai upaya memperkenalkan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Pada kesempatan sama, Area Manager Communication Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria menyampaikan bahwa bantuan panel surya itu juga merupakan wujud program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina dalam mendukung komitmen pemerintah mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi siswa sekolah di SMAN 5 Balikpapan,” ujar Satria.

Adapun bantuan panel surya diberikan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMAN 5 Balikpapan H Imam Seger Sujai yang disaksikan oleh Staf Khusus (Stafsus) Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga.

Imam mengatakan, panel surya dari Pertamina akan digunakan untuk operasional perpustakaan guna mendukung digital library yang dipakai oleh seluruh siswa.

“Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada Pertamina. Berkat bantuan ini, kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih lancar,” ucap Imam.

Sebagai informasi, TJSL Pertamina telah menjalankan program Desa Energi Berdikari Pertamina di 47 titik yang tersebar di seluruh Indonesia terkait dukungan terhadap transisi energi hijau. 

Program tersebut meliputi pengembangan energi alternatif yang ramah lingkungan melalui solar panel, biogas dan biometana, mikrohidro, serta biodiesel.

Manfaat seluruh program TJSL Pertamina telah dirasakan oleh 2.750 rumah tangga dan berkontribusi pada pengurangan emisi karbon setara 530.000 ton karbon dioksida (CO2) per tahun. 

Selain itu, program TJSL Pertamina juga memberikan multiplier effect berupa peningkatan ekonomi masyarakat sebesar Rp 1,8 miliar per tahun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com