Advertorial

Setelah 10 Tahun, Manajemen dan Serikat Pekerja PLN Teken Perjanjian Kerja Bersama

Kompas.com - 13/10/2022, 10:33 WIB

KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN dan Serikat Pekerja (SP) PLN sepakat meneken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dalam upaya mempercepat transformasi perusahaan.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Ketua SP PLN Muhammad Abrar Ali di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu, (12/10/2022).

Pada kesempatan itu, Darmawan mengatakan bahwa penandatanganan PKB menjadi momentum bagi PLN untuk bergerak bersama. Ia juga menjelaskan bahwa pengesahan PKB merupakan wujud komitmen perseroan dalam memberikan dukungan pada pengembangan karier dan kesejahteraan Insan PLN—sebutan untuk karyawan PLN. 

“PLN, sebagai jantung Indonesia, mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Namun, hal ini tidak bisa berjalan sukses tanpa semangat dan kerja keras seluruh Insan PLN,” kata Darmawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (13/10/2022)

Darmawan menambahkan, PKB membuka peluang agar Insan PLN bisa mengembangkan kompetensi di berbagai lini bisnis perseroan. Di dalam PKB juga telah tertuang peraturan terkait tidak ada lagi perubahan status pegawai. Selain itu, hak-hak dan kesejahteraan pegawai tidak akan ada yang berkurang.

"Dalam proses transformasi, kami harus membangun nilai kekeluargaan yang erat sehingga bisa mencapai tujuan bersama. Harapannya, agar PLN terus berjaya di masa depan," ujar Darmawan.

Acara penandatanganan PKB PLN. Dok. PLN Acara penandatanganan PKB PLN.

Sementara itu, Abrar menjelaskan bahwa momentum kesepakatan tersebut menjadi terobosan baru di PLN. Apalagi, sudah sepuluh tahun SP PLN menantikan keputusan PKB dari pihak manajemen.

Abrar berharap, PKB yang disepakati bersama tersebut bisa menyelaraskan visi dan misi antara manajemen dan SP PLN untuk mencapai tujuan perusahaan ke depan.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang dilakukan PLN dan Serikat Pekerja PLN di Jakarta, Rabu (12/10/2022). (Dok. PLN)

"Kami mencari titik persamaan saat dialog. Kami sama-sama menyepakati bahwa PLN adalah jantungnya Indonesia, terutama dalam mengelola listrik. Kami harus berkolaborasi untuk bisa memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," ungkap Abrar.

Untuk diketahui, penandatanganan PKB juga disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor. Afriansyah pun mengapresiasi langkah bersama antara manajemen dan SP PLN untuk mempercepat transformasi dengan mengedepankan dialog dalam mengeratkan komunikasi.

"Apa pun yang terjadi, dengan diskusi dan dialog, sumbatan bisa diselesaikan dengan arif dan bijaksana. Saya mengimbau PLN untuk membangun, merangkul, dan mengajak semua pihak agar bisa bekerja sama guna membesarkan PLN. Ini (PLN) rumah bersama,” jelas Afriansyah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com