Advertorial

Kiprah BUMN Wujudkan Target NZE Indonesia Diulas di SOE International Conference and Expo

Kompas.com - 13/10/2022, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya mengejar target bebas emisi atau net zero emission (NZE) pada 2060 melalui perusahaan negara di sektor energi, salah satunya PT Pertamina (Persero).

Wakil Menteri BUMN I Pahala N Mansury menjelaskan, pencapaian target NZE merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan seluruh komponen bangsa, termasuk BUMN.

"Kiprah BUMN sangat strategis karena ikhtiar menurunkan emisi akan menyelamatkan bumi dan tentu akan menjaga kelangsungan hidup manusia di masa depan," ujar Pahala dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (13/10/2022).

Dalam rangka mengonsolidasikan sumber daya BUMN, lanjut Pahala, Kementerian BUMN akan melibatkan sejumlah kluster BUMN dalam SOE International Conference and Expo 2022 di Nusa Dua, Bali, pada Senin (17/10/2022) hingga Selasa (18/10/2022).

"BUMN akan menyampaikan kemajuan-kemajuan program yang telah dicanangkan dan Kementerian BUMN akan memfasilitasi pertemuan dengan calon investor," tuturnya.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Heppy Wulansari menjelaskan bahwa pihaknya akan hadir dalam SOE International Conference and Expo sebagai wujud komitmen terhadap target NZE Indonesia 2060.

Menurut Heppy, untuk mencapai target NZE Indonesia tersebut, Pertamina telah mengimplementasikan dua program utama, yakni dekarbonisasi bisnis dan akselerasi bisnis hijau.

Pertamina, lanjut Heppy, juga telah menyusun orientasi green strategy, meningkatkan kapasitas organisasi dan sumber daya manusia (SDM), mengoptimalkan green financing, akselerasi teknologi hijau dan inovasi digital, serta pengembangan bisnis pasar karbon.

"Segala upaya dilakukan untuk mengejar target NZE sehingga kiprah BUMN semakin optimal," tutur Heppy.

Sebagai informasi, komitmen Pertamina dalam mendukung pencapaian NZE juga sejalan dengan 10 fokus kebijakan berkelanjutan yang ditetapkan, yakni mengatasi perubahan iklim, mengurangi jejak lingkungan, melindungi keanekaragaman hayati, kesehatan dan keselamatan, serta pencegahan insiden skala besar.

Kemudian, pengembangan dan retensi karyawan, inovasi dan penelitian, keterlibatan dan dampak komunitas, keamanan digital, serta etika perusahaan.

Komitmen tersebut juga merupakan wujud aspirasi Pertamina sebagai perusahaan energi global yang ramah lingkungan, mendukung agenda transisi energi, dan berkontribusi dalam target perubahan iklim.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com