Advertorial

Tes Kreativitas Konten Kuliner di Bright Gas Vlogger Competition 2022, Hadiah mulai dari Paket Wisata Rp 20 Juta

Kompas.com - 13/10/2022, 13:51 WIB

KOMPAS.com – Subholding Commercial and Trading PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga, mengadakan Bright Gas Vlogger Competition 2022 pada 1 Oktober 2022 hingga 4 Desember 2022.

Kompetisi tersebut melombakan konten kuliner khas Nusantara yang diunggah oleh peserta di Instagram Reels pada 1-23 Oktober 2022. Video yang diunggah berdurasi maksimal 3 menit dengan rasio 9:16 atau 1.080 x 1.920 piksel.

Adapun video yang diunggah dapat berbentuk ulasan kuliner khas Nusantara yang sedang populer atau unik di kota asal peserta, ulasan kuliner khas Nusantara yang dilakukan makan secara langsung, ulasan makanan dari pelaku usaha kecil menengah (UKM) atau bisnis kuliner khas Nusantara, dan ulasan dengan cara kreatif peserta, seperti mukbang, autonomous sensory meridian response (ASMR) atau lainnya. Peserta bebas memilih bentuk vlog ulasan kuliner Nusantara sesuai kreativitas masing-masing.

Pada video, peserta diwajibkan menampilkan minimal salah satu varian produk Bright Gas, yakni Bright Gas 12 kg, Bright Gas 5,5 kg, atau Bright Gas Can. Tak sekadar tampil, peserta juga wajib menginformasikan salah satu keunggulan produk tersebut.

Video yang diikutsertakan kompetisi harus baru, tidak mengandung SARA, konten sensitif, pornografi, dan hasil plagisasi karya orang lain.

Selain video yang menarik, caption atau deskripsi juga wajib dibikin secara kreatif dengan mencantumkan tanda pagar (tagar) #BGVC2022 dan #brightgas, serta menyebut akun Instagram @brightgas dan @mypertamina. Peserta juga wajib mengikuti kedua akun tersebut.

Jangan lupa, akun peserta tidak boleh diset private ya.

Penilaian dan tahapan perlombaan

Pihak penyelenggara telah menentukan empat kriteria dan acuan penilaian video pada Bright Gas Vlogger Competition 2022.

Pertama, penampilan. Dewan juri akan menilai penampilan dalam penyajian video ulasan, seperti sound, tone colour, serta cara mengulas menu makanan atau masakan kuliner khas Nusantara.

Kedua, kesesuaian. Kesesuaian yang dinilai meliputi isi ulasan dikolaborasikan dengan produk Bright Gas, kelengkapan informasi dan kesesuaian captions, tagar, dan akun yang harus diikuti serta disebut.

Ketiga, kreativitas. Penilaian ini meliputi kreativitas dalam membuat video ulasan seperti alur cerita yang dikemas menarik, menggunakan latar belakang musik yang sesuai, serta penempatan produk Bright Gas dengan kualitas gambar yang baik.

Keempat, informatif. Kriteria ini mencakup isi video yang informatif dalam menceritakan cita rasa makanan, usaha kecil menengah atau bisnis kuliner khas Nusantara yang dipilih, serta memberikan edukasi terhadap keunggulan produk Bright Gas dan mampu mendeskripsikan detail informasi terkait kuliner yang sedang diulas.

Kemudian, Bright Gas Vlogger Competition 2022 terbagi dalam tiga tahap. Rinciannya adalah sebagai berikut.

Pertama, tahap penyisihan 1. Pada 1-23 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB, peserta memproduksi dan mengunggah video di Instagram Reels atau Feed. Kemudian, periode 24-30 Oktober 2022, dewan juri akan melakukan proses kurasi secara daring. Pengumuman 25 peserta yang lolos tahap kurasi akan diumumkan pada 31 Oktober 2022.

Kedua, tahap penyisihan 2. Pada periode 1-7 November 2022, panitia akan mengunggah 25 video terpilih di aplikasi MyPertamina, Lalu, pada 8-22 November 2022, panitia membuka voting untuk memilih video favorit. Voting dilakukan dengan menukarkan poin di aplikasi MyPertamina.

Pada periode tersebut, dewan juri juga akan melakukan penilaian terhadap 25 video peserta. Pengumuman 5 video terbaik tahapan ini akan dilakukan pada 23 November 2022. Kemudian, pada 25 November 2022, panitia akan menyampaikan brief tahap final kepada 5 peserta terbaik.

Keempat, tahap final. Pada 4 Desember 2022, 5 peserta terbaik akan berkompetisi melalui Challenge Sesion Live yang dinilai dewan juri secara langsung. Dewan juri akan menetapkan juara 1, 2, 3, dan harapan 1. Selain itu, juara favorit juga akan diumumkan pada tahap final.

Hadiah Bright Gas Vlogger Competition 2022

Hadiah utama Bright Gas Vlogger Competition 2022 diberikan kepada 5 peserta terbaik pada tahap final dengan rincian sebagai berikut.

  • Juara 1 mendapatkan paket wisata Indonesia (salah satu kota di Indonesia) dengan total nilai sebesar Rp 20 juta serta tabung perdana Bright Gas 5,5 KG.
  • Juara 2 mendapatkan sepeda gravel Marin Nicasio + [650B] dan tabung perdana Bright Gas 5,5 KG.
  • Juara 3 mendapatkan kamera mirrorless Canon/Go Pro/Ipad dan tabung perdana Bright Gas 5,5 KG.
  • Juara Harapan 1 mendapatkan Drone DJI Mavic Mini Combo dan tabung Bright Gas Can.
  • Juara Favorit mendapatkan iPhone 14 dan tabung Bright Gas Can.

Kemudian, panitia juga menyediakan hadiah tambahan dengan rincian sebagai berikut.

  • 25 semifinalis mendapatkan saldo MyPertamina masing-masing Rp 750.000.
  • 100 partisipan pendaftar pertama mendapatkan saldo MyPertamina masing-masing Rp 100.000.
  • 10 voters teraktif di aplikasi MyPertamina mendapatkan saldo MyPertamina masing Rp 150.000.
  • 10 peserta dengan vote tertinggi di aplikasi MyPertamina mendapatkan saldo MyPertamina masing Rp 300.000.

Seluruh pajak hadiah akan ditanggung oleh panitia. Untuk informasi lengkap terkait Bright Gas Vlogger Competition 2022, silakan mengunjungi websitehttp://ptm.id/BGVC2022 dan media sosial @brightgas atau dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com