Advertorial

Bersiap, Audisi Umum PB Djarum 2022 Telah Dibuka untuk Mencari Juara Bulu Tangkis Masa Depan Indonesia

Kompas.com - 13/10/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com – Perkumpulan Bulu (PB) Tangkis Djarum kembali menggelar ajang pencarian atlet bulu tangkis muda bertalenta dalam format Audisi Umum PB Djarum 2022 untuk dua kelompok usia, yakni kelompok umur 11 tahun (U-11) dan U-13.

Audisi tersebut akan diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Djarum, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai Rabu (19/10/2022) hingga Minggu (23/10/2022).

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation sekaligus Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin mengungkapkan, penyelenggaraan audisi tersebut tidak lepas dari upaya klub untuk memutar roda regenerasi atlet yang akan dibina sejak usia dini.

Dengan berfokus pada kategori U-11 dan U-13, kata Yoppy, pihaknya dapat membina para atlet sejak usia dini secara maksimal. Audisi ini juga sekaligus bertujuan meneruskan semangat juara para atlet bulu tangkis yang sudah terbentuk sejak lama.

“Setidaknya butuh waktu 10 tahun untuk menempa talenta serta mental atlet sampai mereka siap membela nama bangsa di panggung bulu tangkis dunia,” ucap Yoppy dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Yoppy melanjutkan bahwa para atlet belia yang mendapatkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation akan menjalani serangkaian pembinaan di markas PB Djarum yang terletak di Kudus.

Selama masa pembinaan, para atlet usia dini akan diberikan kesempatan dan target untuk membuktikan, serta mengukur kemampuan mereka dengan diterjunkan ke berbagai turnamen lokal, regional, nasional, serta internasional.

Hal tersebut dilakukan PB Djarum untuk memperkaya jam terbang para atlet.

“Salah satu yang sering kami lakukan adalah mengirimkan atlet ke berbagai kejuaraan Eropa, seperti Slovenia, Denmark, serta Jerman, agar mereka mengetahui kerasnya persaingan bulu tangkis di level dunia,” ujarnya.

Seleksi lebih ketat

Ketua Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum Sigit Budiarto menuturkan, audisi umum pada 2022 yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk mencari bibit pebulu tangkis berkarakter yang memiliki bakat dan teknik mumpuni. Kemampuan tersebut pun perlu ditopang dengan semangat juang serta mental yang kokoh.

Untuk itu, pihaknya akan menerapkan berbagai elemen penilaian yang ketat demi menemukan bibit berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan PB Djarum. Pada audisi tahun ini, Sigit menerapkan proses screening dua kali, yaitu main 5 menit dan 10 menit guna mengetahui kualitas atlet.

“Setelah itu, proses seleksi berlanjut ke tahap turnamen. Mereka yang menjadi finalis di babak turnamen akan lanjut ke fase karantina,” ujar Sigit.

Juara dunia sektor ganda putra pada 1997 tersebut melanjutkan bahwa elemen penilaian pembeda lainnya dalam audisi umum tahun ini adalah perpanjangan durasi karantina, dari yang semula satu minggu menjadi tiga minggu.

Selama rentang waktu tersebut, calon atlet PB Djarum akan dinilai melalui dua aspek, yakni fisik dan psikis. Hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan emosional, motivasi, daya juang, serta tingkat kematangan atlet saat bertanding. Hasilnya, para atlet PB Djarum mulai menunjukkan tajinya di sejumlah turnamen level junior

“Teranyar, mereka sukses mengantarkan tim Jawa Tengah meraih titel juara umum dalam gelaran Piala Presiden 2022 dengan memboyong sembilan gelar juara,” tuturnya.

Pada Piala Presiden 2022, lanjut Sigit, semua atlet PB Djarum jebolan audisi umum masuk dalam semifinal di sektor Tunggal Pemula Putra U-15. Mereka adalah Yarits Al Kaaf Rengganingtyas, Radithya Bayu Wardhana, Nazwan Abdillah, dan Muh Nasrulloh Al-Habsyi.

Bahkan, Radithya yang merupakan jebolan Audisi Umum 2018 keluar sebagai kampiun pada kategori tersebut. Kesuksesan di Piala Presiden 2022 menambah koleksi gelar juaranya setelah menjadi juara di ajang Sirnas B Sumatera Utara 2022.

Tak hanya sektor putra, PB Djarum juga fokus mengembangkan para pemain di nomor putri. Salah satu nama yang prestasinya kian gemilang ialah Jolin Angelia. Dara asal Medan berusia 14 tahun ini juga sukses menyabet gelar juara di Piala Presiden 2022 untuk nomor Ganda Pemula Putri U-15.

“Selain piawai bermain di nomor ganda, Jolin juga andal bermain di nomor tunggal. Sebagai pembuktian, ia sudah mengoleksi tiga gelar juara, yakni Juara Liga PB Djarum U-11 dan U-13 serta Juara Sirnas B Sumatera Utara di kategori Tunggal Pemula Putri,” kata Sigit.

Sigit melanjutkan bahwa Radithya dan Jolin merupakan dua dari sekian banyak nama atlet muda PB Djarum yang dibina sesuai dengan bakat dan ketertarikan atlet.

Skema pembinaan yang sama juga diterapkan oleh PB Djarum kepada pemain ganda putri unggulan Indonesia, seperti Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam konferensi pers Audisi Umum PB Djarum 2022. DOK. PB Djarum Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam konferensi pers Audisi Umum PB Djarum 2022.

Sebelum berkilau di level senior, Fadia sudah kenyang dengan tempaan para pelatih PB Djarum di level junior. Fadia yang bergabung di PB Djarum pada 2014 diasah kemampuannya dan diterjunkan ke berbagai turnamen, mulai dari tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Sementara itu, Fadia mengaku bahwa selain bakat dan kemampuan yang diasah, ia juga mendapatkan banyak kesempatan mengikuti berbagai turnamen selama di PB Djarum. Hal ini berguna untuk pengembangan kemampuan dan jam terbang dirinya sebagai atlet.

“Saya berharap, pembinaan seperti ini, khususnya di usia dini, dapat terus berjalan,” ujar Fadia.

Sebagai informasi, pendaftaran Audisi Umum PB Djarum 2022 sudah bisa dilakukan secara daring melalui laman www.pbdjarum.org. Mari bergabung dan #teruskansemangatjuara demi kejayaan bangsa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com