Advertorial

SOE International Conference Dorong Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan

Kompas.com - 14/10/2022, 11:33 WIB

KOMPAS.com - Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai motor penggerak perekonomian nasional telah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat selama dan pascapandemi Covid-19.

Terlebih, BUMN berada hampir di hampir sektor yang menyentuh hajat hidup orang banyak, mulai dari kesehatan, keuangan, informasi, hingga energi.

Dalam rangka Presidensi Group of 20 (G20) Indonesia dan berbagi pengalaman dalam mengelola BUMN, Kementerian BUMN mengadakan “State Owned Enterprises (SOE) International Conference” di Nusa Dua, Bali, Senin (17/10/2022) dan Selasa (18/10/2022).

 Konferensi internasional BUMN tersebut mengusung tema "Driving Sustainable and Inclusive Growth". Konferensi ini akan membicarakan inisiatif dan komitmen BUMN di bidang environmental, social, and governance (ESG). 

"BUMN berperan penting sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi sekaligus penyumbang penerimaan negara dan agen pembangunan," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala N Mansury menambahkan bahwa masing-masing BUMN mengembangkan inisiatif strategis. Sebagai contoh, BUMN yang bergerak di sektor kesehatan dapat memberikan lebih banyak pelayanan kesehatan yang merata kepada masyarakat.

Selanjutnya, BUMN di sektor keuangan dapat memberikan inisiatif untuk mewujudkan ekonomi inklusif bagi masyarakat Indonesia.

Sementara di bidang informasi dan teknologi, BUMN dapat memberi sumbangsih berupa pemerataan teknologi digital untuk mencapai informasi inklusif yang lebih besar. 

"Di sektor energi, BUMN perlu memimpin transisi energi guna memastikan ketersediaan energi secara berkelanjutan dan mencapai net zero emission (NZE) pada 2060,” tutur Pahala. 

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Vice President Corporate Communication PT Pertamina Heppy Wulansari menyampaikan bahwa sebagai BUMN energi terbesar di Indonesia, Pertamina menyambut baik gelaran SOE International Conference and Expo. 

Bersama jajaran subholding dalam Pertamina Group, perseroan akan menunjukkan berbagai kemajuan dan pencapaian proyek transisi energi yang telah berjalan dalam beberapa tahun.

"Kami memiliki delapan inisiatif transisi energi yang telah dijalankan secara konsisten. Pada acara tersebut, kami akan menunjukkan dan menawarkan inisiatif transisi energi yang telah dilakukan kepada investor potensial,” kata Heppy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com