Advertorial

Sejahterakan Karyawan Lewat Kepemilikan Saham, BRI Rencanakan Buyback Saham Setiap Tahun

Kompas.com - 15/10/2022, 13:34 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI berencana untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham BRI dengan kode BBRI di bursa saham setiap tahunnya.

Wacana ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama BRI Sunarso dalam kegiatan Capital Market Summit and Expo 2022 pada Kamis (13/10/2022) hingga Sabtu (15/10/2022).

Sunarso menjelaskan, rencana buyback BBRI bertujuan untuk menjaga volatilitas harga saham. Selain itu, hal ini juga berdasarkan pada kesejahteraan karyawan melalui kepemilikan saham untuk karyawan atau Management and Employee Stock Option Program (MESOP).

"Kunci utamanya adalah, mau berapa persen porsi kepemilikan karyawan atas saham BRI," ujar Sunarso dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Sunarso juga mengatakan, alokasi saham untuk MESOP tersebut bersumber dari treasury stock atau saham hasil buyback. Perlu diketahui, BBRI juga memiliki kas yang lebih dari cukup untuk melakukan buyback.

Pada kesempatan itu, Sunarso juga menjelaskan bahwa BRI memiliki dana buyback yang tercukupi untuk memenuhi kesejahteraan karyawan.

"Jadi, jika ditanya apakah ada rencana buyback, jawabannya ada," tuturnya.

Lebih lanjut Sunarso memaparkan terkait pertanyaan kapan waktu BRI melakukan buyback tersebut. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini membutuhkan persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS).

“Mungkin saja buyback akan dilakukan setiap tahun, hingga ada peringatan atau batasan pada karyawan tidak boleh lagi memiliki saham melalui MESOP di ketentuan sekian persen," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com