Advertorial

Lantik 788 Wisudawan Secara Luring, Rektor Itenas Pastikan Lulusan Memiliki Kualifikasi Tinggi

Kompas.com - 16/10/2022, 20:19 WIB

KOMPAS.com – Jelang pergantian tahun ajaran baru,Institut Teknologi Nasional(Itenas) kembali menggelar agenda wisuda di Gedung Bale Dayang Sumbi Itenas, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan digelar selama dua hari, yakni sejak Sabtu (15/10/2022) dan Minggu (16/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, terdapat 205 wisudawan dari 788 lulusan yang berhasil meraih predikat dengan pujian atau cumlaude. Adapun jumlah lulusan tersebut terdiri atas 14 lulusan program magister dan 774 lulusan program sarjana.

Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat Wisuda hari pertama dibuka dengan pelantikan lulusan Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Geodesi, Desain Komunikasi Visual, Magister Teknik Mesin, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Sipil.

Pada hari kedua, pelantikan disusul dengan lulusan Program Studi Teknik Elektro, Teknik Kimia, Informatika, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, dan Arsitektur.

Rektor Itenas Meilinda Nurbanasari mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan mereka menyelesaikan pendidikan program sarjana dan magister di Itenas yang telah meraih status akreditasi unggul.

“Jangan pernah takut untuk mengambil risiko yang terukur, karena keberhasilan dan kemenangan adalah milik mereka yang berani,” ujar Meilinda melalui keterangan resmi, Minggu (16/10/2022).

Sebagai lulusan dari universitas yang menduduki peringkat ke-6 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik Indonesia pada 2023, para wisudawan diharapkan mampu memiliki daya saing di kancah lokal maupun internasional.

“Para lulusan Itenas memiliki kualifikasi tinggi, sehingga bisa diterima dengan baik di masyarakat, serta dunia kerja. Baik di skala nasional maupun internasional,” tukas Meilinda.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV (LLDIKTI IV) Samsuri mengatakan, lulusan Itenas merupakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Pasalnya, tak hanya menyabet posisi ke-33 pada peringkat perguruan tinggi di
Indonesia, kampus ini juga berhasil meraih 3 star sekaligus berada di peringkat ke-651 secara internasional di Asia University Ranking pada Mei 2022.

Itenas juga masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021 berdasarkan kriteria Sustainable Development Goals (SDGs) dan menempati posisi 19 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Terbaru, pada 12 Oktober 2022, THE juga merilis daftar perguruan tinggi terbaik melalui THE World University Rangkings 2023. Peringkat THE World University Rangkings mencakup 1799 universitas di 104 negara.

Lewat publikasi tersebut, Itenas masuk dalam urutan ke-25 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, serta menduduki peringkat ke-6 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia untuk 2023.

Itenas merupakan satu-satunya PTS berbentuk institut yang mendapatkan akreditasi unggul. Untuk itu, selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati,” ujar Samsuri.

Dalam gelaran wisuda luring tahun ini, Itenas turut memberikan penghargaan kepada lulusan program sarjana dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi, yakni berasal dari Program Studi Teknik Industri, Tri Adianto Cipto Santoso. Tri berhasil menyabet IPK 3,98 dengan lama studi 3 tahun 11 bulan.

Penghargaan lain juga diberikan Itenas kepada lulusan yang meraih prestasi nonakademis di tingkat internasional.

Para penerima penghargaan tersebut adalah Juara 1 Online Belgian Open Poomsae Championships 2021 and World Changmookwan Championship 2021 Mikhail Batara Daulay dari Program Studi Informatika, serta Juara III VDI Germany Chem-E-Car International Competition 2021, Fiqri Hadi Hendriyansyah dari Program Studi Teknik Kimia.

Penghargaan serupa juga diberikan Itenas kepada Juara III VDI Germany Chem-E-Car International Competition 2021, Faishal Hafizh Dinata dari Program Studi Teknik Kimia, serta Juara III IEEE Seacas Virtual Hackathon 2021, Sindi Septiani dari Program Studi Teknik Elektro.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com