Advertorial

Wujudkan Komitmen Transformasi SDM, Jasa Marga Optimalkan Program Talenta Muda

Kompas.com - 17/10/2022, 10:20 WIB

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Jasa Marga Tbk (Persero) berkomitmen untuk mewujudkan visi sebagai perusahaan jalan tol nasional terbesar, terpercaya dan berkesinambungan.

Guna mewujudkan visi tersebut, PT Jasa Marga pun melakukan beragam transformasi di berbagai sektor, termasuk transformasi sumber daya manusia (SDM).

Direktur Human Capital and Transformation Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B mengatakan, upaya tersebut dilakukan PT Jasa Marga melalui program kepemimpinan talenta muda.

Lewat program tersebut, kata Bagus, talenta muda dapat berkreasi dan berkarya di perusahaan, serta melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif yang bagi PT Jasa Marga pada masa depan.

“Hingga 2022 ini, kami mencatat jumlah talenta muda yang menduduki posisi pemimpin di level board of director (BOD-1), baik Group Head maupun Direksi Anak Perusahaan Jasa Marga Group mencapai 31 orang dari total 79 orang seluruh BOD-1 Jasa Marga, atau sebesar 39,2 persen,” ujar Bagus.

Bagus mengaku, inisiatif pemimpin muda dihadirkan PT Jasa Marga sejalan dengan misi dari Kementerian BUMN yang menargetkan kenaikan pemimpin muda sebesar 10 persen pada 2023. Ke depan, PT Jasa Marga akan terus mengadopsi metode 70/20/10 untuk mendongkrak potensi talenta muda.

Adapun metode 70/20/10 terdiri atas 70 persen pemberian tugas yang menantang serta membutuhkan pengalaman praktis, 20 persen sesi belajar dari orang lain (coaching dan mentoring), sementara 10 persen lainnya adalah pelatihan kepemimpinan formal.

“Tren peningkatan pemimpin muda terutama dalam tiga tahun terakhir, yakni 2019-2022, sangat signifikan dengan angka mencapai 24,6 persen. Bahkan sejumlah talenta muda PT Jasa Marga juga dipercaya menjadi direktur di BUMN lain,” tambahnya.

Untuk menjaring calon future leader pada masa depan, PT Jasa Marga juga menghadirkan program management trainee dengan nama Jet Roadster. Nantinya, para calon pemimpin akan diberikan pemahaman tentang visi misi perusahaan, serta penerapan tata nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com