Advertorial

Cegah Stunting, Ketum TP-PKK Tri Tito Karnavian Salurkan Bantuan Sembako di Depok

Kompas.com - 18/10/2022, 18:52 WIB

KOMPAS.com ? Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian menyalurkan bantuan pemerintah berupa sembako dan makanan serta suplemen bergizi. Bantuan itu diberikan kepada ibu hamil, balita, lanjut usia (lansia), dan difabel di Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat (Jabar).

Tri menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah wujud aksi nyata PKK dalam mendukung program pemerintah terkait percepatan penurunan angka stunting.

"Kegiatan ini sengaja kami pilih dengan berbagai pertimbangan, yakni sebagai pengingat bahwa kita semua masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda secara penuh," kata Tri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Tri menambahkan, masyarakat harus menghadapi pandemi Covid-19 selama hampir tiga tahun. Hal ini berdampak pada perekonomian dan daya beli masyarakat yang ikut melemah.

"Selain itu, kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda beberapa hari lagi. (Melalui perayaan itu), hal yang perlu kita ambil adalahnya semangatnya, yakni untuk saling membantu dan berbagi, khususnya dalam pemenuhan gizi bagi ibu hamil, ibu menyusui, balita, lansia, dan difabel,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tri menjelaskan bahwa program pemberian bantuan tersebut juga merupakan bagian dari upaya nyata dalam pengelolaan 10 Program Pokok PKK.

Di sisi lain, Tri mengungkapkan, kegiatan itu merupakan langkah awal yang diharapkan dapat terus dikembangkan dengan cakupan daerah yang lebih luas dan merata.

Tri menjelaskan, TP-PKK Pusat memiliki ketetapan untuk melaksanakan kegiatan pembagian bantuan tersebut. Menurutnya, berdasarkan pengalaman, TP-PKK Pusat dan daerah telah membuktikan bahwa mereka dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan mitra-mitra kerja PKK.

"Utamanya, dalam melakukan upaya nyata pemberdayaan keluarga melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat secara terstruktur. Pengalaman nyata seperti inilah yang membulatkan tekad TP-PKK untuk melakukan kegiatan pemberian bantuan pemerintah," kata Tri.

Menurut Tri, kegiatan yang dilakukan bukan hanya memberikan sembako, melainkan juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hidup sehat.

"Selalu ada aspek edukasi untuk masyarakat dengan memberikan pemahaman kepada setiap keluarga untuk tahu, mau, dan mampu menolong dirinya sendiri menuju kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, serta sejahtera," jelas Tri.

Atas dasar itu pula, Tri mengatakan bahwa kegiatan tersebut dirancang dengan melibatkan kader-kader PKK sebagai lini terdepan. Mereka diharapkan mampu melakukan pendampingan secara intensif terhadap keluarga-keluarga yang menjadi kelompok binaan.

“Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tim PKK Provinsi Jabar dan Kota Depok, mitra kerja TP-PKK, serta kader PKK atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan ini,” ungkap Tri.

Ia juga berharap, kegiatan itu bermanfaat bagi upaya bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga-keluarga di Indonesia.

Sebagai informasi, acara pemberian bantuan tersebut turut dihadiri oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Chaerul Dwi Sapta, Pengurus TP-PKK Pusat, Ketua TP-PKK Kota Depok Elly Farida beserta para pengurus TP-PKK Kota Depok, Ketua Bidang IV TP-PKK Jabar dr Siska Gerfianti yang mewakili Ketua TP-PKK Jabar, dan para pengurus TP-PKK Jabar.

Hadir pula Staf Ahli Wali Kota Depok Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan Muhammad Fitriawan mewakili Wali Kota Depok, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Sukmajaya Komisaris Polisi (Kompol) Mubarak dan istri, Meltha Mubarak.

Kemudian, hadir juga Komandan Rayon Militer (Danramil) 03 Sukmajaya Kapten Infantri Iswardi, Camat Cilodong Bambang Eko, Ketua TP-PKK Kecamatan Cilodong Lili Suryani Bambang, lurah dari Kecamatan Cilodong, serta kader TP-PKK Kecamatan Cilodong.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com