Advertorial

Hadirkan 123 UMKM, Semarak Pesta Rakyat Simpedes Tangerang Konsisten Berdayakan UMKM

Kompas.com - 19/10/2022, 15:56 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Alun-alun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, pada Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Dengan mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”, PRS BRI mengajak seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk pede dalam berinovasi dan berbisnis.

Konsistensi dukungan PRS BRI terhadap UMKM diwujudkan melalui enam pilar, yaitu Pasar, Peduli, Pojok X’sis, Pawai, Panen, dan Panggung. Tak hanya itu, PRS BRI 2022 juga memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknologi digital dan literasi keuangan kepada masyarakat.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 25.000 pengunjung, serta melibatkan 123 UMKM dari Kota Tangerang dan sekitarnya.

Regional Chief Executive Officer (CEO) BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Jakarta 3 Nazaruddin mengatakan, PRS BRI 2022 di Kota Tangerang dimulai dengan gerakan literasi digital pada Sabtu (9/10/2022).

Adapun aksi edukasi tersebut menyasar 14 pasar tradisional dengan mengakuisisi sebanyak 4.623 Tabungan Simpedes untuk aktivasi BRImo dan Quick Response Code Indonesian Standard(QRIS).

“Tujuannya, untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI. PRS kali ini sukses terselenggara melalui enam pilar dengan harapan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ujar Nazaruddin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Nazaruddin menambahkan, gelaran PRS BRI 2022 di Kota Tangerang menghadirkan sejumlah pertunjukan dengan melibatkan seniman lokal dan nasional.

Pertunjukan tersebut meliputi pawai yang diikuti berbagai komunitas seni, serta penampilan artis lokal dan hingga nasional, seperti Biru Baru, The Cat Police, Kunto Aji, D’Masiv, Nassar, dan Kahitna.

“Selain itu, ada pula program lainnya, seperti Panggung Masak, Panggung Tawa, Zumba, Panggung Ilmu, Pojok X’sis, Program Peduli, hingga Panen Hadiah,” kata Nazaruddin.

Untuk diketahui, PRS BRI Tangerang juga diisi kegiatan morning activity senam kesehatan jasmani (SKJ), area mini stage Menara Keberuntungan, dan area permainan Pojok X’sis.

Pada hari ketiga penyelenggaraan PRS BRI Tangerang, penampilan komika Musdalifah makin menambah semarak acara ini sehingga memicu antusiasme pengunjung.

Selain itu, antusiasme pengunjung juga terlihat pada pengumuman grand prize 1 unit motor Fazio bagi mereka yang beruntung dan lelang barang Kahitna. Kemudian, PRS BRI Tangerang ditutup dengan penampilan band The Cat Police dan Kahitna.

Pada kesempatan sama, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengatakan, gelaran PRS BRI 2022 menjadi berkah bagi masyarakat Kota Tangerang.

Pasalnya, BRI senantiasa hadir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Tangerang, khususnya bagi UMKM di Kota Tangerang.

“Produk-produk pembiayaan BRI untuk para UMKM mampu membantu mereka bertahan di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, kami mengapresiasi upaya BRI yang sudah menyalurkan lebih dari Rp 600 miliar bantuan kredit usaha rakyat (KUR) kepada masyarakat di Kota Tangerang,” terang Arief.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com