Advertorial

Tugu Insurance Raih 2 Penghargaan pada Insurance Award 2022

Kompas.com - 19/10/2022, 16:51 WIB

KOMPAS.com – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berhasil memboyong dua penghargaan pada ajang Insurance Award 2022 dari Media Asuransi yang dilaksanakan secara luring di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Adapun dua penghargaan yang diraih Tugu Insurance adalah Best General Insurance 2022 Kelompok Ekuitas Rp 1,5 Triliun ke Atas dan Best General Insurance: Sharia Business Unit 2022 Kelompok Ekuitas Rp 25-100 Miliar.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Pemasaran Asuransi Tugu Insurance Ery Widiatmoko. Ia mengapresiasi seluruh Insan Tuguers–sebutan bagi karyawan Tugu Insurance–yang sudah berkontribusi dalam pencapaian itu.

Kedua penghargaan tersebut kami apresiasikan untuk Insan Tuguers. Kami berharap, Tugu Insurance dapat memberikan produk dan layanan asuransi syariah yang makin optimal bagi seluruh masyarakat sehingga dapat turut mengembangkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia,” ujar Ery dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Saat ini, Ery menilai bahwa pasar asuransi syariah masih terbuka luas. Oleh karena itu, pihaknya ingin berkontribusi lebih dalam ekosistem ekonomi syariah.

Dari pantauan pihaknya dalam tiga tahun terakhir, terjadi kenaikan aset syariah di pasar modal mengalami kenaikan sebesar 43 persen. Per Juli 2022, nilai aset syariah sudah mencapai Rp 1.283 triliun atau 61 persen dari total aset syariah di Indonesia.

“Sementara peringkat kedua diduduki oleh aset perbankan syariah, yakni sebesar Rp 680 triliun atau 32 persen. Sisanya, berasal dari aset syariah dari industri keuangan nonbank (IKNB),” terangnya.

Untuk diketahui, Insurance Award 2022 memberikan penghargaan kepada 44 perusahaan asuransi terbaik berdasarkan kinerja keuangan per 2021. Adapun perusahaan tersebut meliputi asuransi jiwa, asuransi umum, reasuransi, serta asuransi syariah full fledged.

Pada gelaran tahun ini, untuk pertama kalinya Media Asuransi turut memberikan penghargaan pada Unit Usaha Syariah (UUS).

Secara keseluruhan, terdapat 132 perusahaan asuransi dan reasuransi, serta 44 UUS asuransi dan reasuransi yang diberi peringkat oleh Media Asuransi pada gelaran Insurance Award 2022. Jumlah ini terhitung menurun karena sejumlah perusahaan tidak memenuhi persyaratan untuk diperingkat.

Pasalnya, ada beberapa perusahaan terlambat mempublikasikan laporan keuangannya. Ada pula perusahaan yang telah mempublikasikan laporan keuangan, tetapi memiliki ekuitas kurang dari Rp 100 miliar atau risk based capital (RBC) kurang dari 120 persen.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com